So-called Backpacking - part 4

Hari ke 7, 18 November 2009

Bangun pagi seperti biasa kesiangan sekitar jam 7 pagi. Shalat subuh, trus berleha2 sebentar, mandi langsung berangkat ke tujuan wisata pertama.

Tujuan pertama adalah giant budha. Tempat ini terletak di pulau yang berbeda dengan tempat kita nginep. Tempatnya ada di lantau island, pulau yang sama dengan bandara. Kita harus naik mtr ke tung chung, stasiun terakhir di line tung chung. Kita naek dari stasiun tsim tsa tsui yang ada disamping hotel, harus transit satu kali, dengan waktu tempuh sekitar setengah jam.

Sampe tung chung sekitar jam 09:15, kita langsung ke counter 360 ngong ping cable car. Pas sampe counternya, kita langsung disapa sama ibu2 yang dengan ramahnya berbicara bahasa cina ke kita. Halah..halah.. mana ngerti buk.. setelah gw bilang kalo kita bukan orang cina, dia ngasih tau ke kita dengan bahasa inggris yang terbata2 kalo harga tiket berangkat cable car dan pulang dengan bus seharga HKD81, dan baru buka jam 10:00. Oh oke buk, kita beli deh, trus kita nunggu bentar di 7eleven buat beli pengganjal perut karena belom sarapan apapun.

Di 7eleven kita kebingungan nyari makanan yang ada logo halalnya. Asli susah banget, masih gampangan di phuket kemaren. Akhirnya kita cuman nemu ritz sandwich sama oreo yang punya label halal, itu pun label halal MUI, haha.. jauh2 ke hong kong ketemu MUI juga.

Setelah jam 10:00 kita naik ke stasiun cable carnya. Tuker tiket yang dibeli tadi jadi tiket magnet mirip octopus gitu, trus langsung ngantri naik cable car nya. Perjalanan naek cable car sekitar 25 menit, dan asli itu yang namanya cable car tinggi banget. Ngalahin gedung bertingkat, bukit, dan lain2.. kalo gw bilang tinggi banget, itu asli tinggi abis, gak lebay. Selama perjalanan tidak lupa kami berfoto2. Dari cable car ini juga keliatan bandara hong kong, jadi bisa ngeliat pesawat2 yang take-off dan landing. Di beberapa check-point juga ada kamera yang bisa memfoto kita buat dijadiin gantungan kunci, dimana gantungannya nanti bisa dibeli di stasiun terakhir.

Turun cable car sekitar jam 10:30, kita sampe di ngong ping village. Disini ada toko2 souvenir gitu, ada starbucks juga, sangat cocok minum kopi panas dalam kondisi yang super duper dingin kayak gini. Oia, saking dinginnya, nafas kita aja sampe bikin uap putih gitu keluar dari hidung.

Setelah berjalan beberapa saat, sampailah kita di tangga menuju giant budha. Tangga yang harus dilewati ada sekitar 200 anak tangga. Di puncaknya angin gede banget. Asli udah pengen mati dinginnya. Di bawah patung budha itu ada semacem museum tempat abu2 orang yang udah mati. Pas kita masuk sana perasaan lumayan hangat, mungkin karena pake heater. Tapi sungguh mengejutkan kalo di dalem ruangan yang kita bilang anget, ternyata suhunya adalah: 6 derajat celcius.. mati deh, berarti diluar berapa dong? 2 kali ya?

Abis dari si patung budha, kita jalan dikit ke kuil gitu. Gak terlalu penting sih. Tapi disini ada restoran vegetarian gitu. Kayaknya lumayan aman buat muslim, tapi sayangnya mahal banget, jadinya kita gak jadi makan disitu.

Abis dari kuil itu kita lanjut jalan ke jalan setapak ditengah hutan menuju yang namanya wishdom path. Disini ada beberapa batang kayu yang ditulisin huruf cina, trus ditancepin ke tanah, dan disusun membentuk angka delapan. Gak tau deh arti tulisannya apaan.

Abis dari wishdom path kita langsung ke terminal bus ngong ping buat balik ke stasiun mtr tung chung. Perjalanan sekitar satu jam, dan di bis gw berkali2 ketiduran, hehe..

Sampe terminal bis tung chung kita langsung naek mtr ke disneyland resort transit di stasiun sunny bay. Disneyland resort ini terletak dibalik bukit, jadi tempatnya eksklusif banget gitu. Mtrnya juga dibikin khusus dengan ornamen disney, mulai dari jendela sampe pegangan didalemnya berbentuk kepalanya si mickey. Kita gak masuk disneyland ini, cuman sampe gerbang depannya karena tarifnya mahal banget, HKD350 untuk satu orangnya. Yah, jadinya kita harus puas dengan foto2 di depan gerbang.
Abis dari disneyland udah jam 15:00an, dan kita belom makan dari pagi. Akhirnya si kumkum menyarankan untuk makan di causeway bay. Karena dari visitor kit yang kita ambil di bandara, di sana katanya banyak tempat dining gitu.

Sampe di causeway bay udah jam 16:00an. Dan sayang sekali kondisi makan disana gak jauh beda sama di kowloon. Banyak banget sih emang yang jualan makanan, tapi semuanya diragukan kadar kebabiannya. Akhirnya lagi2 kita makan fastfood: burger king. Gw beli paket burger european mushroom plus minum gitu, lupa berapa harganya. Sekitar HKD20an lah. Begitu beres makan, gw iseng2 liat promosi yang ditaro di baki, dan gw langsung terkejut karena di salah satu menunya ada: Pork burger..!! ah sial..!! mana burger barusan udah tidak bersisa masuk perut. Yawda lah, mau diapain lagi, udah terlanjur. Maafkan saya ya Allah.

Selesai makan udah jam 17:00an, dan kita belom shalat zuhur dan ashar. Sibuk nyari2 mushala di causeway bay, gak nemu. Bahkan pas si kumkum nanya mushala sama resepsionis hotel gitu, mereka bahkan gak tau muslim itu apa. Cape deh. Akhirnya kita terpaksa balik ke kowloon buat shalat di kowloon islamic centre.

Di kowloon islamic centre sehabis shalat kita nanya2 sama seorang bapak2 tentang restoran mana yang halal. Dan sungguh terkejutnya kita ketika ternyata kentucky juga belom disahkan kehalalannya sama islamic centre hong kong. Selamet ye, semua fast food yang kita tau ternyata tidak halal. Gimana nasib kita dong? Trus kata si bapak katanya ada yang halal sebuah restoran di hotel mana gitu. Tapi ya hotel, mana mampu kita makan disana, hiks.

Abis shalat udah sekitar jam 18:00, kita langsung meluncur ke tujuan berikutnya, the peak. Kita harus naek mtr lagi ke stasiun central, trus keluar ngikutin tanda panah yang menuju peak tram ngelewatin CBDnya hong kong, termasuk bank of china yang gedungnya jadi landmark hong kong.

The peak ini kayak bukit gitu, dan dari sini kita bisa ngeliat pemandangan kota hong kong, plus ada museum madame tussaud juga disini. Buat naek ke the peak ini kita harus naek tram yang jalannya nanjak sampe 45 derajat. Terus kita bisa ngeliatin pemandangan dari tempat yang namanya sky terrace. Ada paket buat naek tram plus sky terrace seharga HKD48. Ada paket plus madame tussaud juga sih, tapi kita gak beli yang itu, rada mahal soalnya, hehe..

Pemandangan dari sky terrace keren, tapi dengan angin yang kurang ajar kencangnya dan dingin banget. Sekitar setengah jam kita foto2 diatas, trus ketika waktu udah menunjukkan pukul 19:00 kita langsung balik lagi naik tram. Menuju tujuan selanjutnya.

Tujuan selanjutnya adalah nonton hong kong symphony of light. Ini adalah pertunjukan yang digelar setiap jam 8 malem di avenue of the stars yang terletak di pinggir selat yang memisahkan pulau hong kong dan kowloon, dimana diperdengarkan lantunan lagu orkestra dan lampu2 dari gedung yang ada di CBD tadi menyala2 sesuai dengan ritme orkestra yang diperdengarkan. Pokoknya keren banget deh. Kalau mau liat contohnya ada di youtube. Oia, buat nyampe ke avenue of the stars ini kita harus turun di stasiun mtr tsim tsa tsui, trus jalan ke east tsim tsa tsui keluar di exit J2, nanti ikutin aja penunjuk arahnya. Di avenue of the stars ini juga ada semacem hall of famenya hollywood, tapi isinya artis2 cina sih.

Abis nonton symphony of lights, kita nyari makan malem. Kita nyari di sekitar hotel aja, di daerah kowloon. Pas lagi berjalan gontai karena bingung mau makan apa, tiba2 mata gw yang tajam menangkap ada sebuah plang bertuliskan “halal food”. YESS..!! alhamdulillah, masuklah kita ke restoran itu yang ternyata spesialis makanan india. Disana kita pesen semacen curry2an gitu sama makanan vegetarian, plus nasi india gitu. Mahal gila tapi, satu orang kenanya HKD65, buset dah. Emang bener makan di hong kong itu kalo mau halal pasti mahal, tapi kalo mau murah pasti babi.

Abis makan kita langsung pulang. Seperti biasa udah gak minat mandi secara suhu dingin banget. Cuman ganti baju langsung tidur.

Hari kedelapan, 19 november 2009

Bangun2 seperti biasa kesiangan. Jam 10:30 kita baru bangun dibangunin sama si ibu yang punya hotel yang nelpon katanya mau ngecek air panas yang katanya knopnya ada di kamar mandi kamar kita. Buset dah, ada2 aja. Tapi yang aneh adalah, dia ngomong sama gw dengan bahasa indonesia yang baik dan benar, bukan bahasa melayu, walaupun agak jadul bahasanya. Ternyata selidik punya selidik dia adalah cina lampung, yang dulu tinggal di lampung, tapi udah pindah ke hong kong selama 40 tahun. Jadinya selanjutnya gw ngomong sama dia pake bahasa indonesia.

Abis beres2 kita nanya dulu sama si ibu itu tentang makanan yang halal dimana. Pastinya dia ngerti kalo kita kesulitan nyari makanan halal, pun dia bukan muslim. Dia ngasih tau kalo di prat avenue tu ada makan thailand yang halal, dan di daerah jordan juga ada. Akhirnya kita coba yang di prat avenue, karena cukup dengan berjalan kaki dari hotel. Sayangnya begitu kita sampe di prat avenue, kita gak nemu restoran yang si ibu maksud, tapi untungnya mata gw lagi2 menemukan logo halal di sebuah restoran lebanon gitu. Akhirnya masuklah kita ke sana.

Berhubung waktu udah jam 11:30, udah waktunya makan siang, dan ternyata dia punya paket lunch gitu. Gw pesen paket nasi biryani komplit plus hot tea, kena HKD40. Jelas2 tidak murah. Huhu.. makan kayak gini melulu sih bisa bangkrut gw.

Abis makan kita langsung jalan ke mongkok. Disini ada tiga jalan utama, ada jalan yang isinya toko elektronik semua, jalan kedua adalah ladies market yang jualan pernak pernik, baju, tas, dll, dan jalan ketiga ngejual barang2 kebutuhan sport gitu. Disini gw beli iPod 5th generation titipan kakak gw seharga HKD1130, si yura beli iPhone 3Gs seharga HKD5300an, iPod shufle titipan si mete seharga HKD588, dan lagi2 gw beli garpu bertuliskan hong kong di ladies market, beli beberapa kaos juga buat oleh2 dan dipake sendiri. Inget, di ladies market harus nawar dengan super sadis. Karena gw kena dikadalin sama encik2 yang jualan garpu, gw pikir udah dapet murah garpu seharga HKD100, eh ternyata di toko di sebelah hotel harganya cuman HKD49 *piiip*

Abis dari mongkok kita balik ke restoran yang tadi siang buat beli makan malem. Kali ini kita beli pizza satu loyang seharga HKD75 dibawa pulang. Lumayan kali ini makannya lumayan murah, cuman HKD25 masing2 plus HKD3 buat patungan beli aqua yang 1,5 liter.

Abis makan kita gak kemana2 lagi, udah capek dan si yura udah terlalu asik dengan iPhonenya. Jadinya gw chatting aja sama kakak gw pake hp, untungnya ada wifi gratis di hotel itu. Oia sebelom tidur gw udah packing2 karena besok pagi udah mau bertolak ke Macau.

Hari kesembilan, 20 November 2009

Bangun tidur udah kesiangan lagi. Jam 09:30 kita baru bangun dan langsung mandi. Setelah beres semua kita langsung check-out. Rencananya kalo bisa ngejar ferry yang jam 10:30 atau jam 11:00 ke macau, biar dapet shalat jumat di macau.

Kita harus jalan ke China Ferry Terminal buat naek ferry ke macau. Perjalanan sekitar setengah jam melintasi kowloon park langsung sampe ke terminal tersebut (pun sempet salah jalan dikit di terminal).

Begitu sampe di depan terminal udah jam 10:45, jelas2 udah ketinggalan ferry yang jam 10:30. Jadinya terpaksa berharap masih dapet ferry yang jam 11:00, karena perjalanan memakan waktu satu jam, masih sempet ngejar shalat jumat jam 13:00 di macau. Untungnya masih sempet beli tiket buat yang jam 11:00, walaupun udah diburu2 sama orang ferrynya. Mana di imigrasi petugasnya lelet banget lagi, jadinya gw harus lari2 dari imigrasi ke boarding gatenya, untung masih keburu. Untuk tarifnya, satu tiket dari hong kong ke macau seharga HKD130.

Perjalanan selama satu jam gak keliatan apa2 keluar, karena ini kapal jet gitu, kenceng baget, otomatis ombaknya juga kenceng banget sampe2 cipratannya nutupin jendela kapal.

Sampe di macau udah jam 12:00. Gw sama yura udah buru2 ke imigrasi biar dapet shalat jumat. Tapi si kumkum seperti biasa ngeselin, jalan dengan sok santai dan leletnya. Keberatan dosa kayaknya tu orang. Untungnya di imigrasi gw sama yura dapet barisan yang baru dibuka, jadi bisa langsung lewat, sedangkan si kumkum? Terjebak di barisan yang sangaaatt panjang.

Akhirnya selagi nuggu si kumkum, gw ke tourist information centre dulu buat minta peta dan nanya dimana ada mesjid terdekat. Ternyata ada mesjid di deket hong kong macau ferry terminal tersebut. Cuman 20 minutes walking.

Jam 12:30 si kumkum baru bisa keluar dari imigrasi, dan kita langsung buru2 jalan ke mesjid tersebut (pun tetep dengan foto2 di sepanjang perjalanan). Mana pake salah jalan lagi, mana dingin banget lagi, padahal macau posisinya lebih diselatan dibandingkan hong kong.

Begitu sampe belokan terakhir menuju mesjid tersebut (dalam bahasa macau disebut mesquita, karena bahasa utamanya macau adalah bahasa portugis dan cina), ada banyak polisi dan jalan tersebut diblok. Kenapa? Karena dalam 3 hari tersebut ada grand prix macau, yang artinya gak ada kegiatan di masjid itu termasuk shalat jumat. Gubrak. Padahal jam udah menunjukkan jam 13:00. Gak bakal mungkin kita jalan buat nyari masjid laen yang kemungkinan keberadaannya mendekati 0%. Jadi ya terpaksa kita gak shalat jumat. Toh kita musafir juga, dan udah usaha juga, hehe..

Abis dari sekitar mesjid itu kita jalan kaki menuju ruins of st.paul’s church. Ini adalah landmarknya macau, yaitu tembok depan sebuah gereja yang bangunan belakangnya udah runtuh dari kapan tau. Perjalanan sekitar setengah jam jalan kaki.

Ditengah perjalanan kita ngeliat McD. Karena belom makan apa2an dari pagi, akhirnya kita beli kentang goreng aja disini sama pepsi. Setidaknya kentang goreng kan digorengnya gak digabung sama yang lain2nya. Yah bismillah aja lah. Paket kentang goreng sama soft drink seharga MOP19. Oia, mata uang di macau adalah MOP (baca: pataka) pun sebenernya dolar hongkong masih bisa dipake disini dengan nilai yang sama.

Pas nyampe di ruins of st.paul’s church udah rame banget sama wisatawan2. Bahkan tiba2 ada sekelompok mbak2 yang saling berbicara dengan logat tegal yang super medok. Kayaknya sih sekumpulan tkw lagi jalan2.

Di lantai bawah tanah gereja ini ada semacem museum yang nyimpen tulang2 orang2 yang disalib pada jaman dulu. Rada horor sih ruangan itu, perasaan gak enak aja pas masuk.

Disamping gereja itu ada kayak benteng pertahanan gitu. Di benteng itu ada meriam2 tua. Disini ktia foto2 aja. Mumpung gak ada tarif masuk, hehe..

Abis dari benteng itu kita jalan kedepan gereja, disana banyak toko2 yang jualan oleh2. Lagi2 gw beli garpu yang bertuliskan macau. Harganya gak bisa ditawar MOP50. Okelah, wajar.

Trus jalan dikit udah banyak yang jual kue2 khas macau dan portugis, tak lain tak bukan adalah egg tart. Setelah nanya mbak2 dan meyakini kalo di egg tart itu gak ada unsur binatangnya, gw beli satu kue seharga MOP6, dan ternyata EENNNAAAAKKKKK BBAANNGGGEETT...!!! sumpah ya. Bentuknya itu kayak pie, tapi pinggirannya kayak croissant gitu, dengan bagian tengah kayak adonan telur yang gurih gitu. Asli deh, gak aneh kalo tu kue terkenal banget.

Jalan dikit kita nyampe di senado square (dalam bahasa lokal namanya largo de senado). Ini kayak lapangan gitu, tapi jalan2nya terbuat dari batu2 gitu dan bangunan2 disekitarnya berkesan eropa gitu. Jadi kurang lebih berasa kayak di portugis beneran deh.

Dari sana kita pengen ke the venetian. The venetian ini bangunan hotel gitu, dimana lantai satu adalah kasino (ingat, macau adalah las vegasnya asia), lantai 2 adalah mall, dan lantai 3 dan seterusnya adalah hotel. Dari largo de senado jalan dikit ke arah kanan ada free shuttle bus ke the venetian. Perjalanan sekitar setengah jam.

Begitu sampe the venetian, kita langsung naek ke lantai dua ke mallnya. Jauh2 ke macau maennya ke mall? Ntar dulu. Mall ini super keren. Namanya aja the venetian, outdoor-looked interiornya dibikin sempurna kayak di venesia, lengkap dengan kanal2 kecil dan bangunan2 di pinggirnya, dan yang pasti ada gondola yang bisa disewa lengkap dengan pengayuh bulenya yang bakal nyanyi kalo lagi ngayuh, persis kayak di venesia deh. Langit2nya juga dibikin kayak langit beneran. Oia, di sini juga pertama kalinya gw ngeliat ada eskalator yang bentuknya ngelingker.

Di the venetian ini si kumkum beli paket McD yang sama dengan yang tadi siang. Tapi sayang sekali harganya lebih mahal, jadi MOP33. Akhirnya gw dan yura mengurungkan niat untuk makan hal yang sama. Kita prefer untuk makan di bandara aja nanti.

Dari the venetian ini juga ada free shuttle ke bandara. Hehe, lumayan menghemat ongkos. Begitu mendekati jam 21:00, kita turun ke pool shuttle tersebut. Kita harus melintasi kasino. Ini pertama kalinya gw masuk ke kasino, dan kasino disini super luas. Gila ya, sama aja maksiatnya. Penuh dengan orang2 yang bergelimang dosa nih.

Sampe bandara jam 21:15, sedangkan pesawat kita jam 03:35. Kecepetan banget emang, tapi mau gimana lagi, kita juga gak tau harus kemana lagi.

Sialnya, dengan perut lapar, ternyata sebuah bandara internasional di macau ini tidak ada satupun fastfood saudara2. Bentuknya sih keren, tapi ternyata kalah sama LCCTnya KLIA yang selama ini gw sebut2 kampung rambutan. Yang ada cuman vending machine yang jual minuman2 dingin. Yang bener aja gw minum soft drink dingin, suhu aja lagi 8 derajat.

Akhirnya terpaksa gw dan yura menahan lapar sampe jam 01:30 pas waktunya check-in, berharap di ruang tunggu ada restoran fastfood atau coffee shop gitu2.

Ada kejadian lucu pas lagi nunggu konter check-in dibuka. Karena kita udah kebiasaan ngomongin orang di depan orang yang diomongin tersebut, secara mereka juga gak bakal ngerti bahasa kita, kita ngomongin ada mbak2 pake jaket tebel banget gitu pake bahasa indonesia, tepat di samping si mbak itu. Eh gak lama ibunya si mbak itu ngomong sama si mbak:

Ibunya si mbak : Udah buka belom check-innya?
Si mbak : Belom..
Mampus..!! dia orang indonesia, haha.. jadi dari tadi kita ngomongi dia, dia ngerti dong, haha.. semoga aja dia gak ngedenger tadi.

Hari kesepuluh, 22 november 2009

Jam 01:30 pagi kounter check-in jetstar tujuan singapura akhirnya dibuka juga. Check in lancar, tapi ternyata pesawatnya delay setengah jam, jadi jam 4, halah..

Yang rada ngeselin pas screening pas mau masuk imigrasi, si engkoh2 yang meriksa curiga sama garpu2 yang gw bawa. Jadinya tas gw harus dibuka buat di cek itu garpu2. Yaelah koh, itu buat nyusun barang kedalem tas perlu tenaga dan waktu setengah jam kali. Sial banget sih.

Begitu masuk ruang tunggu ternyata emang ada restoran, tapi dengan sangat menyesal restoran tersebut bukanlah fastfood, tapi restoran cina biasa yang menjual babi kemana2. Gak ada starbucks dan teman2nya juga. Hiks.. bandara yang katro. Terpaksa nahan laper sampe singapura deh. Di restoran ini kita cuman bisa beli hot chocolate (yang dirasa paling aman), sekalian ngabisin dolar hong kong dan pataka.

Jam 03:30 baru boarding, take-off jam 04:00. Selama perjalanan akhirnya gw bisa tidur dengan rada tenang, karena gak terlalu banyak turbulensi. Selamat tinggal winter, hope we’ll meet again in some different countries, somewhere in europe I hope, england maybe, hehe..

Sekitar jam 08:00 pesawat landing di Changi, tidak ada perbedaan waktu antara singapura dan macau. Perbedaan yang terasa adalah: Panasss..!! kembali ke iklim tropis. Disini kita nuker duit dulu sebelom keluar imigrasi. Abis dari imigrasi kita langsung naek skytrain ke terminal dua buat turun ke stasiun mrt.
Pas sampe di stasiun mrt, kita beli tiket di vending machine tujuan city hall. Disitu rencananya kita mau beli singapore tourist pass (STP) yang dulu pernah gw beli. Lumayan irit kalo banyak make bis atau mrt, karena dengan S$8 kita bisa naek mrt dan bis sepuasnya.

Setelah beli STP di city hall, kita balik ke stasiun bugis buat makan di pinggiran bugis junction. Gw pernah makan disana dulu, jual mie2an cina gitu tapi halal. Gw sangat ngidam makan mie karena selama di hong kong gw gak bisa makan mie sama sekali. Whoi.. I’m a noodle freak, you know?

Gw beli prawn noodle seharga S$3,3 dan lemon tea seharga S$1,3. Secara perut super laper sih, rasanya enak2 aja.

Abis makan kita langsung menuju stasiun mrt newton, lanjut naek bis 171 menuju college green ke rumahnya taufik. College green ini semacem asrama buat mahasiswa NUS gitu. Kita bertiga bakal nginep disini semalem sebelom besok kembali ke jakarta.

Sampe di rumah taufik udah sekitar jam 12:00. Disini kita mandi, trus shalat, trus langsung diajak makan siang sama si taufik di deket asramanya, namanya adam food center kalo gak salah. Disini gw makan nasi lemak pake pepes otak (hihi.. rada serem memang) seharga S$2,8 plus teh tarik seharga S$1,2.

Abis makan kita jalan ke vivo city buat naek mrt ke pulau sentosa. Hhhh.. lagi2 ke pulau sentosa. Tadinya gw pengen nyobain naek ludge, kayak gokart tapi tanpa mesin, cuman pake tenaga dari jalan yang menurun. Tapi si yura sama kumkum gak mau, batal dah. Akhirnya di pulau sentosa cuman muter2 gak jelas di pantai, trus keujanan, trus balik deh ke vivo city, haha..

Di vivo city cuman muter2 bentar, trus kita pulang deh ke rumahnya taufik. Waktu pada saat itu udah sekitar jam 18:00. Pas sampe rumah si taufik udah ada pacarnya. Trus gak berapa lama, dia ngajakin makan malem di daerah newton, katanya itu lebih populer di kalangan turis. Kondisinya mirip sama adam food centre tadi. Disana kita makan sting ray (kalo gak salah) sejenis masakan ikan pari gitu, kangkung, bayi gurita, dan yang paling fenomenal: gonggong, sejenis keong. Haha.. biasanya gw gak bakal bisa makan makanan aneh kayak gitu, tapi kapan lagi, anggep aja escargot.

Abis makan kita balik lagi ke college green. Pas sampe rumah, kita diajakin maen monopoli gitu sama si fauzan, room matenya taufik. Dan jadinya kita maen sampe jam 3 pagi.