So-called Backpacking - part 3

Hari kelima, 16 November 2009

Bangun kesiangan, baru bangun jam 07:00. Trus shalat subuh, trus? Tidur lagi, haha.. tapi si kumkum sama alet gak tidur lagi, mereka jalan2 pagi disekitar hotel dan nyari makan pagi.

Gw mete sama yura baru bangun jam 10:30, trus gw ke 7eleven di samping hotel buat beli mie instan buat sarapan. Gw beli mie instan semacem pop mie gitu, rasa tom yam seharga THB20 dan nescafe seharga THB12. Trus kita makan di hotel. Itungannya mungkin udah makan siang juga kali ya, hehe..

Abis makan kita berlima beres2 mandi dll, eh tiba2 udah waktunya zuhur aja. Akhirnya kita shalat dulu sebelom keluar dari hotel.

Keluar dari hotel kita jalan ke Otop market, ini adalah pasar tempat jualan pernak-pernik oleh2 khas thailand. Memang hari ini adalah hari belanja. Disini kita pete2 beli 40 gantungan kunci, masing2 bayar THB100. Trus gw beli oleh2 buat papa mama sama uni, beli pashmina tenunan khas thai gitu satunya THB142, taplak meja tenunan juga THB450, sama tshirt buat papa THB130. Di pasar ini harus bisa nawar dengan menghapuskan rasa malu. Dan kalo bisa beli di satu tempat aja, tapi sekalian banyak, biar gak keseringan nawar.

Abis itu kita ke hotel bentar naro barang belanjaan, trus lanjut ke juncelyon mall, satu2nya mall yang ada di patong beach. Disini kita beli blizzard, es krimnya dairy queen yang enak banget itu. Dan tebak harganya berapa? Hanya THB25 saudara2.. sekitar Rp7500. Padahal di jakarta harganya Rp25.000. Betapa bahagianya dapet es krim enak itu dengan harga kurang dari sepertiganya.

Pada saat itu waktu udah menunjukkan puku 17:00, niatnya pengen ngejar sunset di pantai. Tapi gw kumkum sama mete masih mau ke carrefour dulu karena katanya disana juga juga oleh2 khas thai. Jadinya yura sama alet ke pantai duluan dan janjian di depan starbucks.

Begitu sampe di pantai matahari udah tenggelem, jadinya hari ini kita gagal lagi ngeliat sunset di pantai. Walau gagal dapet sunset, foto2 tetep harus jalan, hehe.. jadinya kita foto2 aja betiga di pantai yang udah mulai gelap itu. Setelah beberapa saat foto2, baru deh kita jalan ke sisi pantai yang depan starbucks, dan kita menemukan yura dan alet lagi photo session disana, haha.. sama aja.

Abis ketemuan, kita lanjut cari makan, niatnya gak mau jauh2, di sekitar pantai aja. Akhirnya kita ngeliat ada restoran india yang halal, dan masuklah kita. Setelah memesan makanan semacem chicken curry dan curry2an yang lain, nasi putih, dan soft drink, kita diharuskan membayar THB170 masing2. Di restoran ini gak dikasih bonus apa2, dasar pelit.

Rencananya abis makan kita pengen makan blizzard lagi, tapi apa daya hujan turun dengan sangat derasnya. Akhirnya kita terpaksa nunggu di restoran aja. Pengen naek tuk2 kemahalan, dia minta THB150 buat jarak dari restoran ke mall yang deket gitu aja. Akhirnya setelah ujan agak reda, kita nekad jalan kaki balik ke hotel. Tapi setelah deket hotel, gw mete sama kumkum memutuskan untuk balik ke mall tadi buat beli roti buat bekel besok pulang. Sedangkan alet sama yura balik ke hotel.
Di mall, si mete sama kumkum beli tas khas thai gitu, trus beli roti di carrefour. Sayangnya udah gak sempet beli blizzard lagi.

Ada satu hal yang belom gw dapet dari thailand, garpu2an kecil. Gw udah mengoleksi garpu dari dua negara, singapura dan malaysia yang gw beli pas kesana awal tahun 2009 kemaren. Akhirnya dengan heroiknya mete memutuskan buat balik ke pasar Otop yang tadi pagi kita datengin buat nyari garpu tersebut. Di pasar itu gw dapet garpu yang gw maksud seharga THB150, trus gw juga beli gajah2an kecil dari kayu 2 biji THB80. Mete sama kumkum juga beli gantungan kunci dan pernak pernik lain buat tambahan oleh2. Abis dari pasar itu kita balik ke hotel, packing2, ngobrol2 sampe jam tiga pagi, haha..

Hari ke 6, 17 November 2009

Ritual jalan2 adalah selalu kesiangan di pagi hari. Kita baru bangun jam 06:00 buat shalat subuh. Tapi karena kecapean, jadinya kita tidur lagi. Dan paniknya adalah kita semua baru bangun lagi jam 10:00, disaat si mete dan alet harusnya udah berangkat jam segituan, karena bis mereka dari hatyai menuju kuala lumpur jam 21:30 (menurut mereka) tapi ternyata ada kejadian tak terlupakan tentang cerita kepulangan tersebut yang bisa dibaca di notenya mete.

Singkat kata mete sama alet udah grabak grubuk beres2, trus langsung berangkat. Gw bertiga juga langsung beres2 mandi, trus mesen taksi buat ke bandara, trus jalan ke pantai buat ngeliat pantai patong dalam keadaan terang. Saat itu udah jam 11:00, lumayan masih ada waktu sekitar sejam buat jalan2 dipantai.

Yang seru ketika jalan2 di pantai adalah ketika perjalanan dari dan menuju hotel, kita ngelewatin jalan yang penuh dengan psk2, dan kita gak jalan sama perempuan (kalo kemaren2 ada mete sama alet), jadilah kita diteriak2in, dipanggil2in, trus si kumkum sempet ditempel2in gitu sama psk2 itu. Haha.. horor. Mending cakep, banteng2 gitu, oia, mending asli perempuan, haha..

Begitu sampe di hotel, kita langusng ambil tas di atas, trus check-out, trus langsung naek ke taksi yang udah nungguin kita. Lucunya, taksinya itu sebenernya kayak mobil sewaan, mobilnya honda jazz dengan supirnya ibu2 gitu. Jadi kayaknya si supir itu adalah temen pemilik hotel gw tadi.

Perjalanan ke bandara sekitar satu jam lewat by pass phuket town. Sampe di bandara sekitar jam 13:00, trus kita langsung check-in, makan siang di burger king sekalian ngabisin Bhat yang gw punya. Gw beli tenderloin grill seharga THB205. Abis makan kita shalat zuhur dan ashar di lantai 2. Trus langusng ke imigrasi dan masuk ke ruang tunggu.

Jam 14:15 pesawat boarding dan take-off ontime jam 14:30. Penumpang tujuan hong kong saat itu dikit banget, paling cuman beberapa baris. Jadinya setelah take-off kita bebas milih kursi yang mana aja. Secara gw paling suka duduk di bagian belakang, karena biasanya paling aman kalo2 pesawatnya jatoh, hehe..

Pas lagi di tengah perjalanan setelah sekitar 2 jam lebih terbang, gw sempet iseng2 ngeliat keluar, dengan nempelin jidad ke jendela. Dan makk.. itu yang namanya jendela dingin bnget, kebayang dah diluar kayak gimana. Oia, FYI gw dateng ke hong kong kali ini pas lagi winter, dan setelah gw cek website HK government, suhu berkisar antara 18-23 derajat, harusnya masih bisa dicover dengan jaket merah gw aja selembar.

Pas landing di HK international airport sekitar jam 19:00, gw langsung menggigil.. asli dingin banget. Padahal itu masih didalem ruangan. Gak kebayang nanti kalo udah keluar ruangan.

Dari gate tempat kita mendarat kita harus jalan beberapa ratus meter, trus harus naek subway gitu buat nyampe ke hall imigrasi. Sebelom masuk imigrasi kita disuruh ngisi health declaration gitu. Isinya tentang negara mana aja yang kita kunjungi dalam 7 hari terakhir, gejala2 penyakit yang kita derita, dll. Pas nyerahin kartu declaration itu, si kumkum nyangkut, dan harus diperiksa ke dokter bandara dulu, itu karena dia ngedeclare kalo dia lagi ingusan. Berhubung gw sama yura takut kebawa2, jadinya dia kita emtein aja, kita berdua langsung masuk ke imigrasi dan nungguin kumkum di tempat baggage claimnya. Untungnya gak berapa lama si kumkum bisa keluar dengan selamat tanpa kena karantina.

Setelah keluar, kita narik duit dulu ke ATM karena gak punya dolar hong kong sama sekali. Setelah punya duit, kita beli yang namanya octopus card. Kalo di indonesia tu mirip2 bca flazz gitu, tapi dengan cakupan transaksi yang jauuuh lebih luas. Octopus card ini bisa dipake buat bayar MTR, bis, 7eleven, vending machine, dll. Jadi buat para pelancong ke hong kong, pastikan anda membeli kartu ini.

Harga kartu ini HKD150, dengan nilai yang bisa dibelanjain HKD100, deposit HKD50 yang bakal dibalikin pas ngembaliin kartu setelah dipotong biaya administrasi HKD7. Kartunya bisa di beli di Express counter yang ada di arrival hall.

kita harus naek bis nomor 21 dengan tarif HKD33 menuju hotel yang udah di book dari jakarta. Bis ini pun bisa dibayar pake octopus card yang tadi. Praktis deh pokoknya. Hotel kita adalah cosmic guest house yang berada di mirador mansion, 58 nathan road, tsim tsa tsui (bacanya: cim sa coy) di daerah kowloon. Kita book kamar yang untuk tiga orang, satu double bed dan satu single bed, kamar mandi dalem, tv cable, AC, yang semalemnya seharga HKD250.

Hotel tersebut berada di salah satu ujung nathan road, nah, pas itu bis masuk jalan nathan road, kita langsung panik buat turun. Begitu turun, kita baru menyadari kalo ternyata tempat kita turun adalah 680 nathan road. Artinya kita turun di ujung yang salah dan disaat bis tersebut sebenernya bakal ngelewatin ujung yang satunya lagi, haha.. Jadinya kita harus jalan kaki sekitar 15 blok buat mencapai hotel tersebut, disaat suhu udara yang dingiiiiiinnnn banget, yang ternyata pada saat itu suhu adalah 10 derajat. Dasar website ngibul..!! jadi salah kostum kan gw, 10 derajat pake jaket merah yang cuman buat gaya doang.

Setelah sekian kilometer dalam kedinginan dilewati, akhirnya sampailah kita didepan mirador mansion, tempat hotel berada. Kita naek ke lantai 12 buat ke resepsionisnya, trus dikasih kunci kamar. Kuncinya keren, pake gelombang radio gitu, kayak kartu octopus, tinggal ditempelin doang gak perlu dimasuk2in lagi. Taro barang di kamar, langsung jalan lagi deh buat nyari makan.

Tujuan selanjutnya nyari makan, kita jalan ke arah harbour city, melanjutkan sisa nathan road tadi. Jadi dalam semalem kita berhasil mengarungi nathan road dengan sempurna, hehe..

Sebenernya di sepanjang jalan banyak banget (asli banywaaakkk banget) yang jualan makanan, terutama mie2 gitu. Secara gw pecinta mie, kayaknya udah pengen banget mesen semangkok. Tapi sayang sekali pasti dimana2 pake babi. Akhirnya kami putuskan untuk makan McD aja sesuai dengan ritual nyampe tempat baru.

Di harbour city ada McD, gw udah bahagia banget ngeliat ada double beef burger harganya cuman HKD9, tapi ternyata: you wish too much bung.. tepat disebelah double beef burger ada menu fantastis yang tidak pernah ada di Indonesia, apakah itu? DOUBLE PORK BURGER. Gyahahaha... mampus.. batal dah makan McD.

Akhirnya kita melangkahkan kaki kembali ke nathan road buat nyari kentucky, secara kata si Rani temen gw yang jadi pramugari cathay pacific, kentucky gak jualan babi. Nemu di sekitar pertengahan nathan road, kentuckynya lagi ada promosi paket paha ayam jumbo plus soup kental plus nasi plus minum seharga HKD27,5. Akhirnya kita pesen paket itu. Alhamdulillah kenyang banget.

Abis makan kita balik ke hotel dengan berjalan kaki. Sampe hotel udah gak minat mandi, ganti baju doang langsung tidur.