Family time to Bromo - part 2

Rabu, 6 Januari 2010
Sekitar jam 03.00 dini hari kita dibangunin buat siap2 ngeliat sunrise. Jam 03.30 kita kumpul di lobi, disana juga udah ada si bule2 yang nginep semalem. Kita langsung diarahin ke jeep masing-masing. Kapasitas jeep itu bisa buat sampe 7 orang, tapi gw cuman berempat, haha.. terlalu nyaman memang.

Sepanjang perjalanan udah kayak parade jeep, yang dateng dari berbagai penginapan di bromo.

Sekitar jam 04.30 kita sampe di gunung penanjakan tempat ngeliat sunrise. Disana nyokap gw nyewa jaket yang lebih tebel karena sepertinya jaket yang dibawa kurang. Sewa jaket seharga IDR5.000.

Abis itu kita shalat subuh, trus nunggu sampe matahari terbit deh. Suhunya lumayan dingin, tapi gak sedingin winter di hong kong kemaren, hehe..

Sayangnya mataharinya pas terbit agak ketutup awan, jadinya gak ngeliat matahari yang terbit dibalik gungung kayak di gambar2 anak TK gitu deh, hehe..

Sekitar jam 05.30 kita turun lagi ke lautan pasir untuk jalan ke kawah bromo. Gw sama kakak gw ngotot pengen jalan kaki sampe kawah bromo, sedangkan bokap sama nyokap gw naek kuda. Dua kuda sewanya IDR50.000.

Ternyata sungguh capek jalan dari lautan pasir sampe tangga menuju kawah bromo. Udah gitu masih harus naik 250 anak tangga lagi. Oh boy.. untung udah pengalaman di giant budha, haha.. Sampe kawah udah pengen mati, ngos2an. Tapi terbayarkan dengan pemandangan yang keren abis.

Di kawah ini kita foto2 sekitar 20 menitan. Jangan kelamaan kalo gak mau mabok belerang. Abis dari kawah bromo kita lanjut ke padang savana, bukit teletibbies, dan pasir berbisik. Kalo mau kesini kita harus nambah IDR150.000 ke supir jeepnya, karena ini diluar rute normal. Padang savana ini kayak padang rumput gitu dan luas banget. Dibelakangnya ada bukit teletubbies yang dinamakan demikian karena bentuknya emang kayak di film teletubbies.

Trus lanjut ke pasir berbisik, disini tempat shootingnya pasir berbisik, asli hanya ada pasir, gak ada tumbuhan sama sekali disini. Semua itu worth it buat tambahan biaya IDR150.000, asli keren abis..

Sampe hotel lagi sekitar jam 09.00, langsung sarapan di bangku taman dengan pemandangan gunung, so sweet abis deh. Gw pesen mie kuah tanpa daging, karena tenyata restoran hotel ini jual babi, hiyy..

Abis sarapan kita langsung ke kamar buat mandi dan beres2. Trus sekitar jam 11.00 kita check-out dan lanjut ke surabaya dengan mobil APV yang sama. Pas lagi di perjalanan turun kita beli bunga edelweis di kios mbak2 pinggiran jalan gitu, 3 biji harganya IDR50.000.

Transit di pasuruan buat shalat zuhur plus ashar di suatu mesjid. Lucunya pas gw lagi nunggu nyokap selese shalat, ada serombongan orang turun dari bis, trus pas masih di halaman mesjid mereka udah buka baju aja. Ternyata mereka mau mandi di kamar mandi masjid tersebut. Mbok ya buka bajunya di kamar mandi aja napa??

Abis itu makan siang di kayak warteg di daerah bangil, karena gak ketemu fastfod kayak KFC, McD atau burger king gitu, haha.. ngarep..!! Gw berempat mesen nasi rawon, dan si pak supir mesen nasi dengan lauk daging apalah. Bayarnya cuman IDR50.000, murah..!!

Abis dari bangil kita ngelewatin lumpur panas sidoarjo. Daerah ini bener2 dimonetisasi sama masyarakat sekitar. Bayangkan buat parkir aja IDR5.000, naik ke tanggul 4 orang IDR15.000, trus rada dipaksa beli DVD tentang lumpur lapindo gitu IDR25.000.

Abis dari sidoarjo kita langsung masuk tol ke surabaya. Sampe surabaya sekitar jam 15.30, lanjut menuju jembatan suramadu. Bayar tol suramadu IDR30.000 buat jembatan sepanjang 4,8km. Walaupun gak sepanjang jembatan yang menghubungkan lantau island dengan hong kong island sih, hehe.. (tetep hong kong).

Di madura sempet nyampe pinggiran kota bangkalan, tapi berhubung kayaknya madura gitu2 aja, akhirnya kita balik lagi ke surabaya. Setidaknya udah pernah ke madura, hehe..

Sampe surabaya udah sekitar jam 17.00, langsung jalan ke Hotel. Hotel Satelit, atas rekomendasi temennya bokap, ada di jalan mayjen sungkono. Hotelnya bintang 3 saja, tapi lumayan bagus. Semalem tarif yang superior double queensize bed IDR361.000, plus breakfast 2 orang.

Malemnya gw nemenin kakak gw nyari warnet buat ngesubmit nilai. Dari hotel naik becak ke warnet kena IDR7.000. Warnetnya asli lemooooottt banget.. capek deh.. mau berkebun aja gak bisa2.

Abis ngenet gw berdua beli makanan di pinggir jalan gitu, karena bokap nyokap udah makan duluan di hotel. Gw beli nasi bandeng presto seporsinya cuman IDR7.000, murah..

Balik ke hotel naik becak lagi kena IDR10.000, sulit banget komunikasi sama si abang becak, soalnya di pake bahasa jawa.. nah gw cuman ngerti “pinten” doang, haha..

Sampe hotel, makan, shalat, sikat gigi, tidur..

Kamis, 7 Januari 2010
Pagi-pagi bokap nyokap gw pengen jalan pagi ngeliat kota surabaya di pagi hari. Gw sama kakak gw sempet pengen ngikut, tapi kayaknya kasur lebih menarik untuk dikunjungi, hehe..

Balik2 ke kamar bokap nyokap udah bawa sebungkus nasi kuning dan tempe goreng buat sarapan, karena breakfast dari hotel cuman untuk 2 orang. Sekitar jam 06.30 gw sama nyokap turun ke restoran hotel buat breakfast, tapi sungguh menyedihkan, gak kayak hotel2 yang pernah gw datengin sebelomnya, pilihan menu breakfast cuman ada roti, soto sulung, sama bubur ayam, haha.. Setelah kembali ke kamar, gw kembali ke peraduan, hehe..

Jam 10.00 gw bangun buat beres2 mandi dll. Karena jam 11.00 udah dijemput sama supir temen bokap gw buat dianter keliling surabaya. Jam 11.00 teng check-out, dan si supir yang bernama pak pongki dan toyota rush-nya sudah siap menunggu.

Tujuan pertama adalah ngeliat tugu hiu buaya di kebon binatang, kantor gubernur jawa timur, tugu pahlawan, ITS, dan UNAIR yang kesemuanya cuman diliat dari dalem mobil.

Abis tour keliling surabaya kita beli oleh2 di toko oleh2 Panen Raya di daerah pasar genteng. Abis belanja oleh2 kita makan siang lontong balap pak gendut. Nama daerhanya gw lupa. harganya juga lupa. hehe.. tapi rasanya enak kok, pake sate kerang. sebenernya rada mirip sama toge goreng di bogor.

Abis itu kita pengen liat yang namanya tunjungan plaza yang katanya sampe 5 mall. Pun ternyata kalo menurut gw masih kalah sama mall2 yang ada di sudirman thamrin sih, yaiyalah, haha.. Sampe tunjungan udah jam 15.00, langsung shalat zuhur plus ashar, trus cuman sempet muter2 dikit, karena kata supirnya paling telat jam 16.00 udah harus jalan ke bandara bair gak kena macet.

Jam 16.00 kita udah di mobil lagi buat jalan ke bandara. Agak kena macet dikit. Sama aja kayak jakarta di jam pulang kantor. Sampe bandara sekitar jam 17.30. Nahlo, pesawatnya jam 21.20, jadi centeng bandara lagi deh, haha..

Kita nunggu di tempat yang namanya plaza, sampe jam 19.30 waktunya check-in. Abis check-in kita berempat makan di A&W, harganya sama aja kayak di jakarta. Trus sekitar jam 21.00 masuk ke ruang tunggu, gak lama boarding deh itu pesawat.

Sekitar jam 22.45 mendarat di Soekarno-Hatta, ngambil bagasi, langsung cari taksi buat pulang ke rumah. Sampe rumah sekitar jam 24.00, teparrr..!! Langsung tidur karena besok jadwal gw udah full buat daftar tes, ngejemput Euis, trus menyelesaikan modul2 yang sudah mendekati deadline.. kyaaaa...

Sekian catatan perjalan liburan ala koper yang singkat dan nyempil diantara deadline..
Silahkan kunjungi albumfoto saya di facebook: