So-called Backpacking - part 2

Hari ketiga, 14 November 2009

Bis sempet berhenti di tempat makan di deket perbatasan malaysia dan thailand sekitar jam 05:00. Disitu semua orang turun buat makan dan nuker duit. Kita juga turun, tapi kayaknya gak ebrani makan apa2 karena tuliasannya bahasa cina semua. Lagian ringgit gw juga udah abis, rencana buat narik ATM aja setibanya di hatyai.

Bis sampe di perbatasan malaysia dan thailand sektiar pukul 07:00, disana kita semua harus turun bis dan membawa semua barang buat ngantri di imigrasi malaysia. Ngantrinya lumayan panjang sampe akhirnya gw dapet cap “departed” malaysia. Terus kita harus jalan sedikit ke pintu imigrasi thailand untuk dapet cap “arrived” nya thailand. Ngantrinya sama aja panjang. Ini pengalaman pertama gw ngelintasin border negara via jalan darat, biasanya lewat bandara melulu, hehe..

Setelah dari imigrasi thailand tadi, kita masih harus menempuh perjalanan sekitar satu jam lagi menuju hatyai. Hatyai ini adalah sebuah kota di selatan thailand, tempat dimana pool konsortium bas ini berada.

Sampe Hatyai sekitar jam 9:00, gw narik duit dari ATM THB2.000, sialnya kena iaya THB150, lumayan, hiks. Di pool bis tadi mete sama alet juga mesen tiket bis buat balik ke kuala lumpur tanggal 17 karena dia balik ke jakarta naek pesawat dari KL. Di pool bis ini juga kita nyari info gimana caranya bisa nyampe ke phuket. Akhirnya si mbak2 pool itu (lengkap dengan bahasa inggris seadanya dan ditopang dengan bahasa isyarat) menyarankan kita naek tuktuk ke terminal bis, disitu banyak pilihan ke phuket, bisa nek bis atau van.

Naek tuktuk sekitar 15 menit seharga THB20 satu orangnya. Sampe terminal kita langsung ditawarin naek van ke phuket seharga THB400, setelah ditawar2 dapet harga THB350, lebih mahal dibanding perkiraan bis sih, tapi mereka ngakunya lebih cepet, dengan waktu tempuh hanya 6 jam, dibandingkan bis yang bisa 9 jam. Okelah, akhirnya kita ke phuket naek van.

Van berangkat sekitar jam 10:00. Selama perjalanan sempet beberapa kali berenti di toko2 souvenir gitu, kayaknya si sopir dapet komisi dari tokonya kalo ada penumpang yang beli. Dan sempet berenti di tempat makan siang gitu juga. Ada makanan halal dengan telor mata sapi, gulai daging dan sayur plus nasi cuman seharga THB30, murah banget..

Sekitar jam 17:00 kita sampe di phuket town. Disanan si mete juga nyari info gimana caranya beli tiket van dari phuket town ke hatyai buat balik tanggal 17 nantinya. Disana kita ditawarin taksi buat ke patong beach dengan tarif THB100 per orang, dengant aksinya corolla altis baru, hehe.. Memang hotel yang udah kita booking letaknya di patong beach.

Patong beach itu letaknya ada dibalik bukit, jadi buat mencapainya mobil harus naek turn bukit dulu. Oke sih tempatnya, tapi atmosfirnya gak beda sama bali sih. Sampe hotel Coast Star Mansion sekitar jam 17:45, secara kita belom shalat zuhur dan ashar, jadinya kita langsung buru2 check-in buat shalat di kamar. Alhamdulillah masih keburu.

Hotel yang kita booking hotel backpacker gitu, jangan berharap mewah. Tapi cukup lah dengan kamar mandi di dalem, tv kabel, dan AC. 2 tempat tidur tingkat dan satu extra bed. Kamarnya nomor 12 ada di lantai 4. Satu orang kena THB220. Yang terpenting adalah hotel ini relatif deket ke pantai, cuman sekitar 5 menit jalan kaki.

Setelah shalat, ganti celana, dan sedikit beres2, kita alan ke pantainya. Walau hari udah gelap, kita tetep meneruskan niat tersebut. Oia, dalam perjalanan ke pantai ini, gw sempet nguping dikit transaksi seorang bule dengan PSK:
Bule : “are you a real woman?”
PSK : “You’ll find out later mister”
Gw : (dalem hati) “Gila..!!”

Setelah sedikit berfoto2 di pantai kita jalan lagi kearah jalan di depan hotel buat nyari makan. Berhubung udah sampe thailand, belom afdol kalo belom makan yang namanya tom yam. Akhirnya kita bela2in nyari restoran halal yang ngejual thai food. Namu gak terlalu jauh dari hotel, ada yang jual thai food dan lebanese food, dan dia masang logo halal. Oke, masuk lah kita. Dan ternyata begitu ngeliat menunya, mampus.. tom yam seporsi THB180. Udah kepalang, akhrinya gw pesen tom yam medium spicy, steam rice sama mineral water. Total gw kena THB250. Jelas sebuah makanan mewah untuk itungan backpacker. Rasanya enak, udangnya gede2, dan diaksih bonus mint tea begitu beres makan. Yaahh lumayan worth it lah dengan rasa yang seperti itu.

Abis makan kita sempet belanja snack dikit di 7eleven, trus balik ke hotel. Di hotel sebelom masuk kamar kita booking tour ke phi-phi island buat besok paginya, tour seharian seharga THB800, dijemput di hotel jam 7 pagi. Abis bayar tour kita naek ke atas buat tidur. Oia, kita juga minta wake-up call jam 6 pagi..

Hari ke 4, 15 November 2009

Jam 6 pagi tiba2 gw terbangun dengan kehebohan 4 orang lainnya karena katanya udah ditungguin sama orang travelnya dibawah. Gw jadi bingung, perasaan katanya dijemput jam 7 pagi, tapi kenapa sekarang udah dijemput. Katanya alet barusan ada yang ngetok pintu trus nunjuk2 ke bawah gitu sambil ngomong bahasa thai.

Setelah beres2 seadanya kita langsung buru2 turun ke lobi, takut ditinggal sama orang travelnya. Ternyata pas sampe lobi, sssiiiinnnggg.... krik..krik.. gak ada siapa2.. ternyata kabar tentang orang travelnya udah jemput itu cuman asumsi si alet aja, yang ternyata itu adalah wake-up call yang kita pesen semalem sebelumnya, gubrak, haha..

Jam 07:00 lewat dikit orang travelnya dateng. Kita udah nunggu dari jam 6 tadi sambil ngenet2 di lobi. Kita dijemput naek mobil van toyota commuter gitu, dan udah ada beberapa orang bule didalem situ. Abis jemput kita berlima, masih ada sepasang orang asia lagi yang dijemput di sebuah hotel mewah di jalan yang sama dengan hotel kita. Setelah itu kita langsung jalan ke pier tempat kapal ke phi-phi island berada. Piernya itu lumayan jauh, ada di sisi pulau phuket yang berbeda. Perjalanan sekitar satu jam, gw mete dan alet yang duduk paling belakang udah ketiduran berkali-kali, secara kemaren lumayan capek dan bangun kepagian, hehe..

Sampe di pier sekitar jam 08:30, turun mobil kita dikasih stiker yang berlogo tour yang kita ikutin, ditempelin di baju masing-masing. Namanya tournya Nampoul Marine. Kita disuruh nunggu bentar nungguin van2 lain yang ngejemput peserta dari berbagai penjuru pulau phuket.

Sekitar jam 09:00 kita boarding ke kapal. Kapalnya 2 tingkat gitu, gak terlalu besar, tapi gak kecil-kecil amat. Mirip sama kapal yang ke pulau pramuka kurang lebih, tapi sedikit lebih modern.

Tujuan pertama adalah Knai island, gak terlalu jauh dari pier. Paling cuman sekitar 30 menit perjalanan. Selama 30 menit itu kita dikasih secangkir kopi. Trus kita dibagiin masker dan snorkle. Buat yang pengen pake pelampung udah disediain di kursi masing-masing. Kalau mau pake sepatu katak, harus sewa THB100 sehari. Begitu mendekat ke Knai island, kapal gak bisa merapat, jadi harus pindah dulu naek long boat.

Pulau ini gak erlalu gede, mirip pulau semak daun di pulau seribu, tapi hampir seluruhnya pasir. Dan pasirnya kayak tepung, jauh lebih halus dibanding pasir di kuta atau di patong beach. Ada kursi2 dengan tenda juga yang bisa kita sewa seharga THB100 buat naro perlengkapan kita. Ada juga yang jual2 jagung bakar, pernak pernik oleh2 gitu. Selama di pulau ini, orang tournya nyediain pepsi, semangka, dan nanas buat para peserta tour.

Ada kejadian kocak pas kita lagi briefing di Knai island ini. Pas si tour guide lagi ngomong, tiba2 ada mbak2 bule disamping gw balik badan ke arah gw dan teman2, dan dengan santainya dia buka baju buat ganti bikini. I mean bener2 buka baju, tanpa rasa risih sama sekali disaat ada gw dan cowo2 lain disekitar dia. Haha.. rejeki..

Abis itu kita dikasih waktu sejam buat snorkelling disekitar pantai itu. Pokoknya bebas deh mau ngapain aja. Gw sempet nyelem dikit pas snorkelling disana, rada capek juga secara gw gak bawa pelampung dan gak nyewa sepatu katak. Dan sialnya sepertinya kaki gw rada luka kena karang pas lagi berenang, huh..

Di pulau ini juga kita dibagiin roti tawar gitu, tujuannya buat ngasih makan ikan. Kalo kita taro roti itu disekitar badan kita, ntar ikan2 kecil bakal dateng dan ngerubungin kita gitu minta makan. Seru deh. Tapi gw sih rada geli ngeliat banyak ikan disekitar badan gw, hehe..

Pas lagi maen-maen di pantai ini, kuping gw tiba2 menangkap sebuah percakapan yang berbunyi “iya, kaki gw jadi kapalan gitu gitu..”. Hmm.. gw kenal bahasanya nih, pas gw menoleh ke arah orang tersebut, mereka juga berusaha buat ngeliat ke arah kita. Trus terjadilah percakapan berikut:

Gw : orang indonesia?
mereka : iya, lu juga ya?
gw : iya, pantesan bahasanya kayak kenal
mereka : iya kita juga daritadi ngedengerin kalian ngomong (lho..??)
gw : dari mana?
mereka : dari jakarta, lu?
gw : oh sama dong

Dan percakapan berlanjut, ternyata mereka udah kerja, lagi liburan ke phuket, dan mereka juga baru dari kuala lumpur naek bis kemaren, sayangnya bis yang berbeda. Tapi tujuan mereka berikutnya adalah bangkok, sedangkan gw bertiga lanjut ke hong kong.

Setelah dari Knai island kita langsung berlayar lagi ke phi-phi island. Perjalanan lumayan lama sekitar 2 jam. Selama dua jam itu makan siang berlangsung. Menunya prasmanan, ada ikan goreng, spaghetti, nasi putih, nasi goreng, sama salad. Orang-orang bule tuh ngambilnya dengan elegannya, sedikit gak semuanya. Berbeda banget sama ktia berlima yang cenderung ngerampok. Udahlah semua jenis makanannya diambil, jumlahnya gak sedikit pulak, secara orang laper abis berenang, hehe..

Setelah dua jam berlayr akhirnya phi-phi island mulai terlihat. Phi-phi island ini terdiri dari dua pulau, phi-phi don yang tidak berpenghuni, dan phi-phi ley yang berpenghuni. Pertama kali kita merapat ke phi-phi don. Disana kita dikasih waktu buat snorkelling di dua spot. Dan salah satu spotnya adalah maya bay, tempat film the beach yang diperankan oleh leonardo dicaprio. Overall pulau ini keren. Dengan karang-karang yang super tinggi berbalut tanaman hijau.

Selanjutnya kita berlayar ke pulau sebelah yaitu phi-phi ley yang berpenghuni. Begitu merapat ke dermaga, udah banyak banget orang yang menawarkan hotel-hotel di pulau ini. Kita dikasih waktu 40 menit di pulau ini. Begitu masuk ke kampungnya, kita langsung nyari masjid untuk shalat zuhur dan ashar. Untungnya phi-phi island ini adalah kampung muslim, jadinya ada masjid disana. Tapi tenyata oh ternyata, masjidnya ada di tengah pulau, walhasil dari dermaga ke masjid perlu waktu 15 menit jalan, dan begitu kembali ke dermaga, kapalnya udah siap berangkat, halah.. gak sempet jalan2 di pulau deh.

Pas di perjalanan pulang, angin udah gede banget, ombaknya juga udah sampe nyiprat ke lantai dua. Utung si mete minta tukeran duduk di pinggir, jadinya gw gak terlalu kena angin, hehe.. kata si mete udah kayak di mesin cuci, disiram, diputer, dianginin, haha.. Selama perjalanan kita disuguhin semangka, nanas, dan dikasih tisu basah buat menyegarkan diri.

Begitu deket pier entah kenapa tiba2 kapal berenti di tengah laut sampe matahari tenggelem, sampe gelap. Ternyata oh ternyata lagi, itu kapal keabisan bensin, jadinya harus nunggu kapal lain buat ngebawain bensin. Ada ada aja lah..

Begitu sampe di pier, van-van yang dipake buat ngejemput tamu tadi udah berjejer bersiap mengantar para tamu kembali ke hotel. Sampe hotel kita langsung mandi dan ganti baju, buat keluar lagi nyari makan malam.

Selagi mikir mau makan kemana, kita ngelewatin yang namanya bangla road. Jalan ini tiap malem ditutup untuk kendaraan mermotor, jadi hanya bisa jalan kaki. Di jalan ini penuh dengan pub yang menjual perempuan2 dengan pakaian minim. Or at least terlihat seperti perempuan. Gw gak tau deh aslinya apa, haha.. buat cowo yang jalan tanpa cewe bisa bahaya deh, bisa ditarik2in. Untung ada mete sama alet, jadi gw bertiga aman dari penarikan orang2-yang-terlihat-seperti- perempuan itu. Emang kota maksiat lah phuket ini. Pantes pernah porak poranda sama tsunami 2004 lalu.

Pas di perjalanan balik dari pier ke hotel tadi gw sama alet sempet ngeliat kayak kumpulan restoran gitu, mirip kemang food fest gitu deh. Trus kita berencana makan disana deh. Setelah memastikan makanannya halal, kita mesen satu ekor ikan kakap dimasak dengan merica dan bawang, semacem gulai yang menurut gw mirip tongseng, nasi putih, sama lemon tea. Masing-masing kena sekitar THB166. Setelah makan kita dikasih pencuci mulut sepiring nanas gratis.

Abis makan kita udah gak mau kemana-mana lagi, udah capek. Langsung jalan balik ke hotel. Tapi di perjalanan pulang gw sama mete ngeliat ada yang jual banana pancake gitu. Akhirnya kita nyobain deh yang namanya banana blueberry pancake seharga THB40. Sebenernya kayak martabak manis isi pisang dikasih selai blueberry aja sih. Tapi lumayan buat ngegelitikin perut.