Mesin cuci LG

Oke, kejadian ini baru aja berlangsung.. bukan dipaksakan karena gw baru aja menghidupkan kembali blog ini..

Beberapa bulan yang lalu setelah gw pindah ke rumah baru, tepatnya sekitar awal Oktober 2009, gw dan kakak gw beli sebuah mesin cuci LG. Waktu itu kita beli di toko2 elektronik yang gak terlalu besar di daerah depok lama. Niatnya pengen beli disana sekalian ngebantu mereka. Tapi apa yang terjadi selanjutnya semakin menguatkan sisi kapitalisme keluarga gw..

Pas transaksi di toko kita emang bisa nawar murah, terus dia ngasih unjuk barangnya, mesin cuci LG full-auto top loading, dengan cover warna biru. Terus dia janji mau nganter barang abis magrib. Oke..

Magrib lewat.. Isya lewat.. jam 11 malem baru dateng barangnya. Dan apa yang terjadi? barang yang dianter bukan barang yang tadi siang dikasih liat. covernya warna cream. lebih parahnya adalah: itu barang udah lecet2.. dan kayaknya itu barang display. Tukang yang nganter sih bilang itu barang yang sama, tapi jelas2 itu barang udah lecet2, jadinya kita gak mau terima dan minta dianter yang baru besok.

Besok paginya gw balik lagi ke toko itu buat protes, dan dia minta maaf katanya barangnya ketuker. Hmm.. okelah kalau mau berhusnudzon. Dan dia janji nganter barang yang baru abis dzuhur. Oke..

Abis ashar deket magrib itu barang baru dianter lagi. Dan kali ini bener barang yang ditunjukin kemaren yang dianter.

Sekitar beberapa minggu yang lalu itu mesin cuci udah banyak gangguan, terutama gak bisa ngespin. Hal yang esensial dari sebuah mesin cuci. Dan ternyata: setelah dilihat di berkas2 surat2 berharga (keluarga gw selalu mengumpulkan segala bentuk surat berharga termasuk kartu garansi) tidak ada yang namanya kartu garansi mesin cuci. yang ada hanyalah buku petunjuk.

Oke ini emang kesalahan kita gak teliti surat2 dari mesin cuci itu pas dianter. tapi intinya mereka tidak memberikan kartu garansi yang menjadi hak konsumen. Lebih jauh lagi: sebenernya mereka ngejual barang apa ya? resmi atau.......

Dan yang lebih menjadi pelajaran adalah: entah kenapa kuitansi mesin cuci itu juga ilang (kali ini beneran ilang). Jadi kayak nambahin keilfilan untuk beli barang di toko2 seperti itu.

Kalau kayak gini sih mohon maaf aja untuk toko2 kecil, lebih baik gw beli barang di toko2 besar kayak elektronik city gitu yang lebih terjamin.