So-called Backpacking - part 1

Sekitar satu bulan sebelum keberangkatan

Gw, kumkum, sama yura berencana backpackingnan ke beberapa negara di asia. Yang jadi pilihan rute adalah jakarta-singapura-kuala lumpur-phuket-bangkok-ho chi minh city-jakarta atau jakarta-singapura-kuala lumpur-phuket-hong kong-macau-singapura-jakarta. Setelah menimang-nimang berbagai aspek, objek, dan biaya akhirnya dipilihlah rute yang kedua.

Setelah pemilihan rute tersebut, kita langsung berselancar di www.airasia.com, www.jetstar.com, www.tigerairways.com untuk mencari tiket-tiket termurah ke negara-negara tujuan tersebut. Tidak lupa berselancar di www.hostels.com untuk mencari penginapan murah. Oh iya, yang pasti kita juga bertanya-tanya ke mbah google tentang must to do dan must to visit di masing-masing negara tersebut.
Kegiatan selancar berakhir dengan bookingan tiket sebagai berikut:

Rute Maskapai Harga tiket
Jakarta-Singapura; Jetstar; IDR150.000
Singapura-Kuala Lumpur; Air asia; IDR170.000
Kuala Lumpur-Hatyai*; Konsortium Bas Malaysia; RM65
Hatyai-Phuket town*; Local bus; THB250
Phuket-Hong kong; Air asia; THB1800
Hong kong-macau*; First Ferry Macau; HKD160
Macau-Singapura; Jetstar; SGD85
Singapura-Jakarta; Tiger Airways; SGD50
*booking di tempat, cuman dapet info dari mbah Google..

Gak beberapa lama, ternyata si mete sama alet pengen ikutan, tapi berhubung adanya budget dan time constrain, mereka cuman ikut sampe phuket aja, terus langsung pulang ke jakarta. Berhubung tiket yang gw pesen sebelomnya udah gak murah lagi, jadi mereka berangkat ke singapura dan malaysia duluan sehari, jadinya kita bertiga ketemuan sama mereka di Kuala lumpur International Airport (KLIA) aja.


Hari Pertama, 12 November 2009

Pada saat yang sama si mete sama alet udah sampe di singapura, karena yang gw bilang tadi, mereka gak dapet tiket murah yang sama dengan penerbangan gw, jadinya mereka berangkat satu hari lebih dulu dari gw bertiga.

Niat packing pagi-pagi berantakan sudah karena gw harus masukin duit ke rekening mandiri gw. Karena gw emang gak niat bawa duit banyak-banyak, serem ilang. Pengalaman gw ke luar negeri terakhir juga lumayan gampang pake kartu debet mandiri di luar negeri, baik buat narik atm maupun belanja (udah kayak sales mandiri aja gw..).

Jadilah dari pagi sampe siang gw di kampus masukin duit ke mandiri yang ada di batang. Trus fotokopi paspor sama npwp buat jaga-jaga, trus berleha2 bentar ketemu temen2, trus sadar kalo hari udah jam setengah 2.. waduh, masih belom packing, pesawat jam 10 malem, setidaknya berangkat dari depok jam 4 lah, secara itu hari kerja dan jam pulang kantor.

Jam setengah 2 gw pulang, tapi emang dasar kebo, abis makan gw ngantuk dan tidur.. krrr... bangun2 jam 3.. panik..!! sama sekali belom packing.. Oia, semua baju yang mau gw bawa liburan baru dicuci semalem sebelomnya, hehe.. jadi baju2 itu langsung gw ambil dari jemuran. Dasar deadliners, liburan aja masih aja ada unsur deadline..

Jam 4 sore gw janjian ketemu sama Yura di halte gerbatama, trus naek taksi ke pasar minggu buat naek damri ke bandara. Sampe pasar minggu jam setengah 5 lewat dikit, damri yang setengah 5 udah berangkat, terpaksa deh nunggu yang jam 5. Tapi alhamdulillah waktunya masih sangat cukup utnuk itu.

Sekitar jam 7 kurang gw sampe di bandara terminal 2F, langsung shalat magrib di mushala, gak lama setelah shalat udah azan isya, langusng shalat isya juga aja.

Abis shalat gw sama yura makan dulu di Hokben, pas lagi makan si kumkum dateng dianter sekeluarga besarnya, udah kayak mau pergi haji aja.. ibu sama kakaknya ngasih wejangan-wejangan gitu, secara kayaknya mereka udah lebih fasih lagi dari gw untuk urusan ke luar negeri. Oia, kita masing-masing juga dibekelin satu bungkus sari roti dan bakpia.

Setelah makan kita nuker duit. Gw tuker RM75, ditambah mete yang ngutang IDR100.000 yang pengen gw tagih dalam bentuk ringgit, jadi total di malaysia gw punya sekitar RM100. Kenapa kita gak nuker dolar singapura? Karena nanti di singapura pertama kali kita hanya akan transit di bandara, gak perlu duit dulu. Kalo haus, tinggal minum di water tab deh, hehe..

Abis nuker duit, kita langsung masuk, check-in, lanjut ke konter bebas fiskal, imigrasi (pada titik ini, selamat kepada saudara kumkum yang akhirnya resmi telah keluar dari indonesia), masuk ke ruang tunggu D4, nunggu beberapa saat (sambil nelpon ke rumah), trus boarding deh jam 22:15. Ini yang gw suka dari maskapai luar negeri, tepat waktu, gak kayak maskapai lokal. Oia, perjalanan ke singapura ini ternyata menggunakan pesawat value air, bukan jetstar. Kayaknya sih mereka rekanan gitu.

Hari kedua, 13 november 2009

Perjalanan sekitar satu setengah jam, sampe singapura sekitar jam 1 waktu singapura, mendarat di terminal 1. Begitu mendarat kita gak langsung keluar ke imigrasi tapi gentayangan dulu di sekitar bandara. Trus kita langsung cari internet gratis buat membunuh waktu sampe waktu check-in pesawat ke kuala lumpur jam 5 pagi nantinya.

Selama nunggu di bandara, gw bertiga jalan ke terminal 3 naek sky trainnya, karena terminal tiga dekorasi dan atmosfirnya lebih bagus dibandingkan dengan terminal satu atau terminal dua. Di terminal tiga ini si kumkum udah tidur dengan pulasnya di deretan kursi. Yura hunting foto entah kemana, dan gw tetep dengan internet gratis yang tiap 15 menit sekali putus, hehe.. oia, gw juga nyobain mesin pijet kaki yang ada di setiap titik di bandara itu.

Sekitar jam 3 pagi gw sama yura jalan2 mengitari bandara, dari terminal tiga ke terminal satu jalan kali melewati travelator yang entah berapa biji itu, terus ke terminal dua dengan cara yang sama, trus balik ke terminal tiga dengan menggunakan sky train lagi. Kurang kerjaan emang, tapi itu cara ygn efektif untuk ngabisin waktu, secara tu bandara gwedeee banget, ngelilinginnya abis waktu sekitar 1,5 jam.
Begitu sampe ke terminal tiga udah sekitar jam 5 kurang dikit, waktunya kita ke luar imigrasi (officially masuk ke singapura). Disini gw sama yura bisa keluar dengan lancar, tapi sayang sekali si kumkum rada kehambat karena menurut petugas imigrasinya, muka dia dengan foto yang di paspor beda, trus pas dimintain identitas lain, dia gak bisa ngasih, karena dia emang dompet dia ketinggalan di rumah.

Akhirnya setelah beberapa menit tertahan di imigrasi, si kumkum berhasil keluar. Trus kita langsung naik lagi ke tingkat dua terminal satu ke bagian check-in. Kita ke kounter Airasia tujuan kuala lumpur keberangkatan 7:35, trus masuk imigrasi lagi (officially kurang dari 1 jam berada di singapura, hehe..). Di imigrasi kali ini gw yang rada apes, karena orang di depan gw bermasalah paspornya, jadinya barisan gw lamaaaa banget jalannya, sedangkan si yura sama kumkum udah beres dari kapan tau.

Setelah urusan imigrasi selesai, waktunya kita nyari mushalla buat shalat subuh. Sialnya ternyata dari bandara yang segedeeee gaban gini cuman ada satu mushalla di salah satu ujung terminal satu, ujung yang berbeda dengan ruang tunggu pesawat gw. Sial.. itu juga tulisannya “multi religion prayer room”. Akhirnya kita baru bisa shalat subuh sekitar jam 6 lewat (gak masalah banget sih, secara waktu singapura lebih maju sejam dibanding jakarta, dengan posisi yang lebih di barat dibanding jakarta). Dengan terburu2 kita langsung jalan lagi ke ruang tunggu di gate 42, karena pesawatnya boarding jam 6.

Untung boardingnya gak terlalu tepat waktu. Sekitar jam 6.20 baru boarding, jadinya gw sempet ketiduran bentar di ruang tunggu. Tapi take offnya relatif tepat waktu. Penerbangan ebrjalan lancar dari singapura ke kuala lumpur, tapi kayaknya turbulensi udaranya lumayan hebat, secara gw berkali-kali terbangun karena hentakan pesawat yang cukup keras, ditambah lagi touch down yang sadis, hehe.. Untuk kedua kalinya gw mendarat di KLIA di low cost carrier terminal, yang menurut gw udah kayak terminal kampung rambutan, jam menunjukkan sekitar pukul 8:45. Urusan imigrasi lancar, tanpa harus nunggu bagasi karena emang kita gak pernah punya checked-in baggage.

Kelaur bandara kita ketemuan sama mete sama alet di depan McDonalds. Oia, mereka sampe di kuala lumpur tengah malem tadi, jadi gw berangkat ke singapura, disaat yang sama mereka juga berangkat ke kuala lumpur, trus nginep di bandara lagi. Dengan bangganya dua orang itu memamerkan barang2 yang mereka beli di singapura, jam tangan, tas, baju, parfum.. dasar cewek, yang katanya mau ngirit dan rela tidur di mesjid demi menghemat, malah belanja2 di singapur.

Trus kita mau sarapan di McD, tapi setelah dilihat2, kok makanannya mahal banget ya. Jadinya gw teringat kalo gw pernah makan di food garden KLIA itu, semacem food court gitu lah. Waktu itu gw makan nasi lemak cuman kena RM6, akhirnya kita jalan kesana dan makan hal yang sama, haha..

Setelah makan kita naek Aerobus ke KL central dengan tarif RM8. Perjalanan sekitar satu jam, karena KLIA itu terletak 70km dari pusat kota kuala lumpur. Sampe di KL central kita naek LRT ke pasar seni seharga RM1, karena kita mau booking tiket bis ke hatyai buat nanti malamnya di terminal bis puduraya.

Sampe di pasar seni, mete sama alet nunggu di KFC, sedangkan gw bertiga jalan ke terminal bis puduraya. Di terminal bis udah banyak banget calo yang nawarin tiket ke berbagai jurusan, gak beda jauh sama jakarta. Tapi secara gw udah browsing tiket dan kesimpulan optimal yang didapat adalah dengan menggunakan konsortium bas malaysia menuju hatyai, jadilah kita langsung menuju kounter bis tersebut. Tiket tersedia untuk keberangkatan jam 23:15 denganseat tinggal 6 di belakang, pas banget lah, secara kita berlima. Satu tiket seharga RM45, lumayan, lebih murah dari yang diperkirakan.

Abis beli tiket, kita bertiga balik lagi ke KFC pasar seni, trus jalan lagi ke national mosque malaysia buat shalat jumat. Waktu udah menunjukkan pukul 12:45 (waktu zuhurnya jam 13:10, karena waktu kuala lumpur juga maju sejam dibandingkan jakarta, dengan posisi yang lebih barat dari jakarta juga). Pas sampe mesjid, ternyata disebelah mesjid lagi ada pasar jumat gitu. Banyak banget yang jualan, mulai dari makanan berat, makanan ringan, minuman, baju, sampe obat2an juga ada. Seru banget, secara pas gw ke kuala lumpur sebelomnya gak ada beginian. Di pasar itu gw beli es cincau hitam seharga hanya RM1.

Abis itu udah masuk waktu zuhur, kita masuk ke mesjid, dan ngedengerin khotbah dalam bahasa malaysia gitu, hehe.. lucu, pertama kalinya gw shalat jumat di luar negeri. Ritualnya agak mirip sama ritual orang NU di indonesia, dengan azan dua kali, khotbah diakhiri dengan kata2 aqimisshalah, dll. *colek me if I’m wrong* yang setau gw itu adalah bid’ah..

Abis shalat kita balik algi ke KFC buat ngejemput mete sama alet, trus nyari warnet buat ikut tes BI secara online. Oia, gw lulus tes BI sampe tes yang ketiga lho.. cuman 4 orang anak IE FEUI 2005 yang lulus sampe tahap itu. Tapi sayang, pas di warnet di daerah chinatown, gw sama mete gak pernah bisa ngebuka website tes online BI tersebut, padahal koneksi berjalan sangat mulus dibuktikan dengan page2 lain yang bisa dibuka dengan sempurna. Yawda, sampe batas akhir tes tersebut diadakan (jam 4 waktu KL) kita gak bisa buka juga, ya pasrah aja, emang bukan jalannya disana kali, dan emang mama juga gak terlalu ridho gw masuk BI, hehe.. ktia gugur karena gak bisa ikut tes.

Setelah dari warnet, kita makan siang (atau sore ya) di KFC chinatown. Gw makan ayam goreng dengan semacem salad dan nasi lemak lagi, haha.. ternyata nasi di KFC KL berbentuk nasi lemak. Enak sih, satu paket sigtu harganya RM6,5 lumayan murah.

Abis makan udah sekitar jam 17:00, kita langsung balik lagi ke stasiun LRT pasar seni menuju KLCC (kuala lumpur city center) buat foto2 di depan menara kembar petronas. Ongkos LRTnya seharga RM1,6. Sampe sana sempet foto2 sebentar, trus tiba2 hujan turun dengan derasnya. Akhirnya kita berlima memutuskan untuk berteduh di starbucks *WTF.. backpacker apaan neduh di starbucks??!! Tapi tenang, masih banyak pengeluaran mewah yang tak terduga nantinya, hehe..*. Seperti biasa gw beli hot hazelnut latte seharga RM11, favorit gw untuk minuman panasnya starbucks. Kali ini gw bayar pake kartu debet mandiri gw, biar jumlah ringgit gw gak berkurang.

Setelah ujan reda, kita balik lagi ke tengah2 tamannya untuk foto2 lagi. Sampe malem kerjaan kita cuman duduk di taman situ sambil foto2 buat ngabisin waktu sampe waktu keberangkatan jam 11 malem nanti.

Sekitar jam 21:00 kita cabut dari KLCC buat ke puduraya. Kali ini mencoba rute yang berbeda dengan harapan gak usah jalan terlalu jauh dari stasiun LRT ke terminal bisnya. Dari stasiun KLCC kita turun di stasiun masjid jamek, trus lanjut dengan kelana jaya line ke stasiun puduraya. Emang sedikiiiiiiitt lebih dekat sih, tapi ongkosnya juga jadi RM2,8 alih2 cuman RM1,6 haha.. ditambah dengan sedikit nyasar2 gitu.

Sampe terminal bis udah sekitar jam 22:00, kita langsung cari makan malem di kantin terminal situ. Gw pesen nasi goreng kampung (yang ternyata cuman pake micin doang) dan lauk seafood asem manis gitu. Total seharga RM6. Sayangnya gw gak suka dengan lauknya, akhirnya tu lauk gw kasih ke alet, dan nasi yang kebanyakan gw bungkus buat bekel di bis. Abis itu gw beli air mineral yang 1,5 liter seharga RM2 buat persiapan di jalan.

Ternyata bukan pesawat aja yang bisa delay, bis gw jugaa ternyata delay, dari yang harusnya berangkat jam 23:15 baru bernagkat jam 00.00. Bisnya super nyaman, dengan jarak antar kusi yang lega, reclining seat, dikasih selimut pulak. Oke deh buat harga segitu.

Begitu naek bis kita langsung tewas. Sempet beberapa kali berenti itu bis di tempat peristirahatan buat ngasih kesempatan buat penumpang yang mau ke toilet