Family time to Bromo - part 1

Oke, kembali blog tentang jalan-jalan, tapi udah rada basi secara udah lewat 2 mingguan, hehe.. maklum sibuk..

Setelah puas (nggak juga sih) jalan-jalan di beberapa negara bulan november kemaren, di awal januari ini gw kembali jalan-jalan. Mumpung gw, bokap, dan kakak gw lagi libur dari rutinitas ngajar. Tapi bedanya kali ini cukup di dalam negeri, dan jalan-jalan ala koper sama keluarga, gak kayak jalan-jalan ala ransel november kemaren. Trip kali ini mengelilingi kota malang, bromo, dan surabaya. Secara gw sekeluarga (berempat) belom pernah ke malang dan bromo. Cuman bokap gw aja yang pernah ke surabaya.

Beberapa hari sebelum keberangkatan
Sesuai dengan pengalaman gw backpackeran bulan november kemaren, gw browsing2 tiket, hotel, dan akomodasi selama di tiga kota itu. Tiket yang dibooking adalah:
Jakarta-Malang, 5 Januari 2010 jam 07.00 dengan Sriwijaya Air @IDR427.000
Surabaya-Jakarta , 7 Januari 2010 jam 21.20 dengan Lion Air @IDR309.000

Sayangnya browsingan gw berakhir pada pengalaman2 orang nginep di bromo aja. Gak ada hotel yang bisa gw book via internet di bromo. Ternyata liburan ke luar negeri jauh lebih bisa dipastikan akomodasinya dibanding liburan di dalem negeri. Selanjutnya cuman bisa nanya2 ke si kumkum yang udah pernah ke bromo setahun sebelumnya.

Oia, penerbangan ke malang ini cuman dilayani oleh 2 maskapai, batavia air dan sriwijaya air. Kalo batavia berangkatnya rada siang, sekitar jam 11 siang, jadi sayang waktunya, mending berangkat pagi dan bisa jalan2 di malang.

Senin, 4 Januari 2010
Pagi2 sekitar jam 9 gw nganterin si Euis ke pet hotel yang ada di daerah cibubur. Sekalian potong kuku, grooming, dan vaksin. Sedih rasanya bakal berpisah untuk 4 hari. Haha.. lebay.. jijay..

Sorenya gw pesen mobil di mandiri travel di malang yang nomornya gw dapet dari googling. Nyewa APV 12 jam buat keliling kota plus ngedrop ke bromo kena IDR450.000 termasuk supir, diluar bensin. Malemnya gw pesen taksi seperti biasa.

Selasa, 5 Januari 2010
Sekitar jam 04.00 taksi blue bird yang semalem udah dipesen dateng. Kita berempat langsung naik ke taksi, trus berangkat ke bandara. Perjalanan super lancar, yaiyalah, secara pagi buta gitu.

Sampe bandara terminal 1B sekitar jam 05.00, langsung shalat subuh di mushala yang diluar (bukan di ruang tunggu). Trus sekitar jam 05.30 masuk ke ruang check-in buat check-in. Akhir-akhir ini gw seringnya naik garuda atau ke luar negeri, jadinya lewat terminal dua. Terakhir gw masuk ke terminal satu ini mungkin sekitar 2 tahun lalu pas ke jambi. Yang ada pas sampe terminal 1 kemaren, asli gw pusing banget, perasaan banyak banget orang dan crowded abis. Enakan terminal 2 (yaiyalah..)

Setelah check-in, dapet seat di 23C-D-E-F, gak langsung masuk ke ruang tunggu. Kita keluar lagi buat beli teh anget buat sarapan di A&W. Sekitar jam 06.20 baru kita masuk ke ruang tunggu B7. Oia, sebelum masuk kakak gw sempet beli beard papa yang green tea *info yang gak penting, haha..*

Gak lama nunggu di ruang tunggu, pesawatnya boarding. Kita satu pesawat sama kru trans tv yang sering bikin acara masak2 di pinggir pantai gitu. Penerbangan sekitar satu setengah jam, landing di bandara Abdul Rachman Saleh Malang sekitar jam 08.30.

Ternyata bandara malang ini ini bukan bandara penumpang biasa, tapi cuman pangkalan TNI AU, jangan berharap ada ruang tunggu yang nyaman, apalagi belalai buat naik ke pesawat (atau apalah namanya itu). Sayangnya disini gak boleh ngambil foto, karena ya itu, bandara ini adalah fasilitas militer.

Setelah ngambil bagasi kita keluar dan langsung ketemu sama si supir mobil yang udah gw pesen kemaren. Nama supirnya pak Johani. Kita langsung naik mobil, jalan keluar bandara, trus ngisi bensin IDR100.000.

Rute di pagi hingga sore hari adalah keliling kota malang. Tujuan pertama adalah kantor walikota malang. Di sini sempet foto2 bentar di taman di depan kantor tersebut. Lanjut ke alun-alun kota, tetep harus foto2. Lanjut lagi ngeliat Universitas Brawijaya. Disini gak foto2, cuman foto dari mobil aja, soalnya mereka gak lagi libur, jadi kampusnya rame banget. Gak kuat untuk berpose2 sambil diliatin orang, haha..

Abis dari unbraw kita late breakfast di bakso presiden. Kata si sopir sih ini bakso terkenal banget, tapi emang bener, soalnya di dinding restoran bakso ini banyak foto2 artis yang lagi makan disana. Baiklah, gw pesen bakso komplit spesial seharga IDR12.500 plus es jeruk IDR2.000. Rasanya? Sebenernya mirip2 bakwan malang yang di margonda sih, tapi yang beda ya lokasinya aja, hehe..

Abis makan bakso sekitar jam 12.00 kita lanjut ke batu dengan perjalanan sekitar 30 menit. Tujuannya adalah selekta, semacem kebon raya gitu deh, ada taneman2, kolam renang, tempat bermain anak2. Tarif masuknya kalo gak salah IDR62.000an untuk 4 orang plus mobil plus supir. Di sana shalat zuhur plus ashar, plus sedikit berfoto2. Di selekta sekitar satu setengah jam.

Sekitar jam 14.00 kita lanjut cari makan siang. Si sopir bilang ada restoran terkenal di batu namanya restoran pak kasan. Okelah, kita makan disana. Gw makan Ayam kampung bakar pake pergedel jagung pake tahu tempe plus sup, minumnya es kelapa. Yang lain makannya juga kurang lebih sama, dan tebak berapa tagihannya? Cuman sekitar IDR60.000. Murah banget, kalo di jakarta mungkin udah lebih dari seratus ribu kali.

Selagi nunggu pesanan dateng gw booking hotel di surabaya untuk malem besoknya by phone.

Selesai makan sekitar jam 15.00 kita jalan lagi menuju bromo. Kata si supir perjalanan sekitar 2-3 jam. Berarti ETA di bromo sekitar jam 18.00 dan si supir masih punya waktu 3 jam untuk balik ke Malang biar kita gak kena overtime sewa mobilnya.

Ternyata si supir salah besar..!! setelah melewati bangil, pasuruan dan probolinggo, kita sampe ke belokan menuju bromo, dan saat itu udah menunjukkan pukul?? 18.30 saudara2.. dan dari belokan tersebut sampe ke daerah penginapan adalah 30 kilometer melewati jalan kampung.. bagus..!! udah pasti kena overtime sewa mobil. Perjalanan sepanjang 30km itu serem gila. Udah jalanan kecil, kanan kiri jurang, mana pas mati lampu lagi. Horor abis..

Oia, di tengah perjalanan kita sempet isi bensin lagi IDR75.000. Karena kita belom book hotel di bromo, jadilah kita nyoba2 masuk ke hotel pertama yang ketemu, masih rada di bawah. Namanya hotel nadia. Semalem IDR350.000, tapi tempatnya kurang meyakinkan gitu. Akhirnya kita nyari lagi yang lebih keatas.

Ketemu hotel yang namanya Yoschi’s place. Gw pernah liat review tentang hotel ini di blog orang, katanya bagus. Akhirnya setelah mempertimbangkan segala aspek, kita nginep di hotel itu, kamarnya yang family suite semalemnya IDR460.000 dan jeep buat ke kawah bromo besok paginya IDR320.000

Kamarnya lucu, nuansa etnis gitu dengan dinding dari anyaman bambu, dua tingkat, di lantai satu ada ruang tamu kecil, kamar mandi, dan kamar yang isinya dua single bed. Di lantai dua ada kayak ruang keluarga yang nyatu sama ruang tidur dengan satu tempat tidur king size. Oia, disini juga pas lagi banyak bule yang nginep.

Abis urusan administrasi kita ngurusin si supir dan mobil sewaan. Ternyata si pemilik travelnya ngasih opsi kita buat nyewa 12 jam lagi besok paginya buat nganter ke surabaya, jadi si sopir ikutan nginep di bromo, gak perlu balik ke malang. Tarifnya masih sama IDR450.000

Abis selesai urusan mobil, kita pesen makan malem di hotel. Pesennya sate ayam komplit IDR20.000 per porsi, karena di sekitar hotel gak ada restoran, jadilah si hotel monopolis sejati. Selesai makan, sikat gigi aja, gak minat mandi karena dingin banget, trus langsung tidur deh.