Keep Left

Halo, pasti semua orang sudah pernah dengar yang namanya eskalator ya? atau bahkan eskalator sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita di kantor dan berbagai gedung multi lantai.

Banyak orang (tepatnya orang dari negara berkembang) masih belum memahami satu etiket sederhana dalam menggunakan eskalator, khususnya eskalator di tempat-tempat strategis seperti stasiun, bandara, kantor, dll. Etiket tersebut adalah untuk tetap berdiri di sisi kiri eskalator.


Kenapa kita harus berdiri di sisi kiri alias "keep left"? karena dengan berdiri di sisi kiri, kita bisa memberikan kesempatan untuk orang yang ingin berjalan di sisi kanan eskalator untuk mendahului kita, misal karena terburu-buru. Ingat, dilarang mendahului dari sebelah kiri, ribet juga kan kalo harus mendahului zig-zag sambil ngedrift, hehehe..

Coba bayangkan ketika anda baru masuk stasiun sudirman, anda belum beli tiket, tiba-tiba ada pengumuman kalau kereta anda sudah masuk alias tersedia di peron keberangkatan. Ketika anda terburu-buru membeli tiket dan akan turun ke peron keberangkatan dengan menggunakan eskalator, tiba-tiba ada pasangan yang dengan kurang tau dirinya berdiri bersebelahan di eskalator, dan tiba-tiba kereta anda keburu berangkat karena anda tidak bisa mendahului si pasangan tersebut. Gondok kan?

Makanya demi rasa saling menghormati kepentingan orang lain, ketika anda menggunakan eskalator: KEEP LEFT..

*mungkin untuk kasus mall atau hotel atau tempat-tempat hiburan dimana potensi orang untuk terburu-buru sangat rendah yaaaa... gak masalah lah berdiri berdampingan..