Bikin SIM di Samsat Depok

Halo.. halo.. Kita bertemu lagi.. Beberapa jam yang lalu gw baru selesai bikin SIM (Surat Izin Mengemudi) A yang baru.

Kenapa gw gak perpanjang SIM yang lama aja??

Karena SIM lama gw terbitan Jambi dan alamatnya juga udah ganti. Jadi mendingan bikin baru, dibanding ribed ngurus surat pindah dan bla..bla..bla.. nya.

Oke, perjalanan pembuatan SIM kali ini menggunakan bantuan biro jasa Fortuna Jaya di kawasan STM Depok.

Kenapa gw pake bantuan biro jasa alih-alih ngurus semuanya sendiri? Karena saya buta warna, hehehe.. jadi mau gak mau harus butuh bantuan dalam tes kesehatan.

Sampe di kantor biro jasa sekitar jam 10, nyerahin 2 fotokopi ktp, bayar biaya IDR450.000, dibikinin surat kesehatan dari puskesmas manaaa gitu, terus berangkat deh ke Samsat Depok di depan kantor walikota, ditemenin sama ibu2 dari biro jasanya.

Oia, sebenernya kalau mau ngurus semuanya sendiri, biaya SIM resmi adalah (CMIIW):

SIM A:
Baru: 120.000
Perpanjang: 75.000

SIM C:
Baru: 100.000
Perpanjang: (lupa)

Sampe samsat sekitar jam 10.15, gw nunggu di ruang tunggu (gak terlalu rame, tapi bangku penuh semua), si ibu itu masuk ke dalam ruangan, (sepertinya sih untuk you-know-what lah). Pas gw dateng pas suatu kloter disuruh masuk ruang ujian teori. Jadinya gw harus tunggu kloter berikutnya.

Suasana Ruang Tunggu

Sekitar jam 10.50 gw dipanggil untuk ujian teori, masuk ruangan ujian, dikasih soal dan lembar jawaban. Ujian terdiri dari 30 soal pilihan ganda (a,b,c) dengan waktu tersedia maksimal 30 menit. Oia, gw mengeskip tes kesehatan karena udah dibikinin surat kesehatan dari puskesmas sama si ibu tadi.

Soalnya cukup mudah dan kadang2 konyol, pasti bisa lah.. Maksimal kesalahan adalah 12 soal, lebih dari itu, gak lulus.

15 menit selesai ngerjain, terus langsung diperiksa di ruangan, lanjut disuruh ngisi suatu form untuk ujian praktek. Terus nunggu diluar buat nunggu foto dan sidik jari. Tapi sayangnya kloter foto gw harus kepotong shalat jumat, jadinya gw shalat dulu di masjid di samsat tersebut.

Selesai jumatan, gw sama seorang mas2 sok2 masuk ruang foto itu, dan alhamdulillah langsung disuruh foto. Pas mau difoto, si pak polisi ngebacain lagi nama, alamat, ttl, dll. buat konfirmasi aja. Setelah selesai foto, kita nunggu lagi diluar.

5 menit nunggu, SIM jadi dan pulanglah saya, hehehe.. Total waktu yang dibutuhkan kalau dkurangin waktu shalat jumat sekitar 2 jam.
SIM A Baru (mohon maaf, demi kenyamanan bersama, dilakukan penyensoran)

Biaya yang harus gw keluarkan untuk mendapatkan sim ini adalah:
Ongkos angkot total: 7.000
Biro Jasa: 450.000
Teh Poci: 4.000
Total: 461.000