Wisata Kuliner di Bogor

Ya ampun, gw lupa satu pengalaman baru yang gw alami bulan januari kemaren belom dipost di blog ini.. Payah nih, pikun, yang ada cerita jalan2nya gak sesuai runtutan waktu deh. Tapi yasuw lah, daripada nggak sama sekali..

Jadi ceritanya 2 hari sebelom gw ke singapura, atau tepatnya hari kamis tanggal 15 Januari 2008, gw sama isa mewujudkan keinginan yang telah lama terpendam: ke bogor wisata kuliner dan naek motor. Lumayan terdengar gila emang ke bogor naek motor, bahkan orang2 rumah gw juga sampe bingung gw mau ke bogor naek motor, haha..

Ceritanya hari kamis pagi sekitar jam 8 si isa udah nyampe rumah gw ngejemput. Kita berdua pake motornya isa. Lanjut ngejemput riri di rumahnya di daerah juanda depok. Lanjut ngejemput ida, yang bakal dibonceng riri yang rumahnya gak terlalu jauh dari rumahnya riri. Tapi cukup terkejut begitu tau ada seorang akhwat aktivis simpatisan PKS ternyata baru bangun jam 9 pagi??!! (lebay deh lu). Jadinya kita terpaksa nunggu di depan rumahnya ida, dengan kekhawatiran keujanan karena mendung udah berat banget.

Jalan ke bogor lewat juanda terus ke jalan raya bogor sampe mentok ke bogor makan waktu sekitar 40 menitan. Luamayan juga buat bikin pantat makin seksi. Sampe bogor sekitar jam 10.15, kita langsung menuju taman kencana buat makan bubur ayam. Ini bubur ayam yang selalu gw sekeluarga beli tiap hari minggu waktu gw masih tinggal di bogor. Satu porsinya IDR5.000. Masih tetep enak pun kalo menurut gw gak seenak dulu.

Tujuan berikutnya makan bakso di daerah bangbarung, deket rumah gw dulu. Nama baksonya bakso Boboho. Baksonya bakso urat, yang kalo menurut gw lebih enak dibandingin bakso kotak di kukel. Yaiyalah, secara harganya hampir 2 kali lipet. Semangkok bakso seharga IDR9.000 dan es jeruk seharga IDR6.000.

Lanjut kita shalat dzuhur di mesjid raya (mesra). Tentu saja gak ada yang dimakan disini, hehe.. disini kita mulai bingung mau makan apa lagi. Akhirnya si ida menyarankan kalo kita makan risoles di boker (baca: botani square). Lanjutlah kita makan di boker yang jaraknya gak terlalu jauh dari mesra tersebut. Risoles mayonnaise dan keju kalo gak salah, satunya IDR5.000. Enak, tapi lumayan mahal untuk ukuran segitu, padahal gw sama isa cuman modal minta, hehe..

Makanan selanjutnya adalah makaroni panggang. Disitu kita cukup membuat malu karena berkali2 nanya sama mas2nya bedanya yang biasa dan yang super, dan selisih antara ukuran sedang dan besar, karena kita ingin mendapatkan utilitas terbesar dengan pengorbanan tertentu sesuai hukum ekonomi (atau lebih dikenal dengan gak mau rugi), hehe.. Jadinya kita beli makaroni panggang biasa ukuran sedeng seharga IDR45.000, lumayan enak, tapi gw lebih suka sama yang bikinan gw sendiri.

Abis dari makaroni panggang kita lanjut ke death by chocolate (DBC). Tempatnya juga gak terlalu jauh dari makaroni panggang, di daerah menuju ciremai ujung gitu. Disitu gw beli DBC, sejenis kue coklat berbentuk kuburan seharga IDR30.000 yang coklat bangettt!!! Enak!!! dibawa pulang buat oleh2.

Abis dari DBC kita shalat ashar di masjid agung di daerah pasar anyar. Sempet tidur2an bentar disini karena lumayan capek, dan si isa sempet boker (bukan singkatan –red) dulu.

Makanan berikutnya (buset!!) adalah somay di samping ngesti surya kencana. Ini somay favorit nyokap gw. Secara daerah orang cina, jadinya biasanya makanannya enak2, dan mahal2. Satu bijinya seharga IDR2.500, gw beli 3 biji. Ikannya berasa banget dan kuahnya gak kayak kuah2 standar.

Lanjut kita makan sate padang di depan kentucky baranang siang. Dulu gw sering banget beli sate ini, favoritnya bokap. Yang mantabnya dia pake daging has dalem, jadinya super empuk. Tapi entah kenapa rasanya gak seenak dulu, yang ini lebih hambar dan gak seempuk dulu. Rada kecewa udah ngeluarin IDR10.000 seporsinya.

Abis makan sate padang kita shalat magrib di masjid raya lagi. Sebenernya gw udah pengen muntah kekenyangan, dan gw kira bakal pulang abis itu, tapi ternyata...

Kita lanjut makan nasi goreng Guang Cho (kalo gak salah). Kita tau ada nasi goreng ini dari buku wisata kuliner yang ada di gramedia. Tempatnya ada di jalan pajajaran lewat dikit dari villa duta (sekitar sebrangnya jalan masuk ke kesatuan). Gw beli nasi goreng ayam seharga IDR16.000. Enak dengan ayam yang bertaburan, recommended lah. Tapi gw gak sanggup ngabisinnya, akhirnya separo dibungkus dibawa pulang.

Abis nasi goreng akhirnya kita pulang lewat jalan yang sama (jalan raya bogor) dengan waktu tempuh yang relatif sama, lengkap dengan deg2an gara2 si geblek bawa motor ngebut banget. Sampe depok sekitar jam 10 malem, langsung istirahat karena lusanya mau ke singapur, hore..

Kesimpulan: Kita makan 8 (DELAPAN) kali sehari *gak percaya? Itung aja kata yang gw bold merah diatas* dengan pengeluaran buat makan IDR128.500, belom termasuk parkir dll. Relatif murah untuk ukuran 8 (DELAPAN) kali makan.