Kol, Kopi, atau Telur

Secara gw belom jalan2 lagi dan belom ada topik yang menarik buat ditulis, dan daripada blog gw kosong tak terurus, mending gw copas email dari si fajri aja, lumayan inspiring kok, hehe..

Ada seorang anak yang mengeluh kepada bapaknya karena ia merasa kesulitan di lingkungan barunya. Lalu sang ayah bertanya kepada anaknya mengenai hal yang membuatnya merasa kesulitan, namun anak tersebut kesulitan untuk menjelaskan masalahnya..

Disaat menjelang makan malam, sang ayah mengajak anaknya ke dapur untuk menyiapkan makan malam, di dapur terdapat kembang kol, telur dan bubuk kopi. Sang ayah lalu menunjukan kembang kol kepada anaknya, "nak lihatlah kembang kol ini, keras dan kaku". Kemudian sang ayah merebus kembang kol tersebut, setelah selesai direbus sang ayah kembali menunjukan kembang kol tersebut dan berkata, "setelah direbus kembang kol ini berubah nak, jadi fleksibel dan lunak".

Lalu sang ayah menunjukkan sebutir telur ayam mentah, dan menunjukkan kepada anaknya tersebut, "nak lihatlah telur ini, terlihat keras tetapi didalamnya cair". Kemudian sang ayah merebus telur mentah tersebut. Setelah matang, sang ayah menunjukkan telur tersebut dan memecahannya, "nak lihatlah telur ini berubah menjadi keras setelah direbus".

Kemudian sang ayah menunjukkan bubuk kopi, dan menyuruh sang anak merasakan kopi tersebut, "nak bubuk kopi ini rasanya pahit kan?". Kemudian sang ayah merebus bubuk kopi tersebut dan setelah matang, "nak bubuk kopi ini dapat merubah air yang semula jernih menjadi hitam dan rasa air yg semula tak berasa menjadi berasa".

"Dapatkah kau menangkap sifat2 kopi, telor dan kembang kol itu nak?"

"Anggaplah air rebusan itu sebagai masalahmu, dari ketiga jenis bahan makanan tersebut, sifat yang mana yg kau inginkan?"

"Kol yang semula keras dan kaku berubah menjadi fleksibel dan lembut setelah mendapat masalah, atau telur yang terlihat rapuh berubah menjadi keras setelah menghadapi masalah, atau kopi yang awalnya hanya serbuk2 namun dapat merubah warna air tersebut menjadi hitam dan mengubah rasa air tersebut".

Apakah anda ketika menghadapi masalah?kol, telur atau kopi?

source: deltaFM