Singapore & Kuala Lumpur Trip - part 1

Minggu lalu gw dan kakak gw berkesempatan mengunjungi 2 negara tetangga Indonesia dalam rangka liburan. Berhubung kali ini versi murah, tidak seperti jalan2 sama ortu, jadi segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang dan dengan segala macam perbandingan future expense.

Pra Keberangkatan

Tiga minggu sebelom keberangkatan, gw udah ngesearch2 tiket2 murah dan hotel yang disesuaikan dengan tanggal yang telah disepakati. Akhirnya diperoleh tiga rute tiket: Jakarta - Singapura pake lion air @ Rp499.000, Singapura - Kuala Lumpur pake Tiger air @ S$28, dan Kuala Lumpur - Jakarta pake Air Asia @ RM 156. Hotel selama di singapura di Gas81 di daerah Bedok yang semalemnya S$40, dan di KL di Backpacker traveler's Inn di daerah chinatown semalemnya RM32.

Biar lebih hemat lagi, berhubung ada penghapusan fiskal bagi pemegang NPWP, jadinya gw dan kakak gw bikin NPWP dulu. Ternyata prosesnya gampang banget. Kita tinggal daftar online, trus print formulir yang udah ada data2 kita, trus dibawa deh ke KPP deket tempat kita tinggal. Langsung dapet kartu NPWP dan anda siap pergi keluar negeri bebas fiskal, hehe..

Sabtu, 17 Januari 2009

Jam setengah 5 taksi yang dipesen semalem sebelomnya udah dateng. Kita berdua langsung naek dan berangkat ke Bandara. Perjalanan super lancar secara hari sabtu dan subuh2 pula, cuman sempet berenti di mesjid di tanjung barat gara2 supirnya belom shalat subuh.

Sampe di bandara terminal 2E jam 6:15. Langsung check-in dan menuju ke konter bebas fiskal. Disitu kita dimintain boarding pass, paspor, dan kartu NPWP tersebut. Sebenernya harusnya kita ngasih fotokopi paspor dan kartu NPWP, tapi entah kenapa waktu itu gak dimintain. Proses bebas fiskal berjalan dengan baik, langsung menuju ke imigrasi, masuk ruang tunggu deh.

Penerbangan jam 7.55, tapi seperti biasa lion air delay sekitar 15 menit. Sekitar jam setengah 9 take off, dengan penerbangan tanpa hidangan apapun, bahkan air mineral. Penerbangan cukup mulus kecuali pas landing.

Sekitar jam setengah 11 waktu singapura mendarat di terminal 1 Changi, waktu singapura lebih awal satu jam dibandingkan jakarta. Perjalanan satu setengah jam berasa 15 tahun, karena kita berangkat di bandara soekarno hatta yang cukup lawas itu, dan mendarat di Changi yang super mewah dan keren, bahkan ada mallnya. Proses imigrasi lancar, ngambil bagasi, dan tanpa melewati customs sama sekali.

Kita harus nunggu jam 12 buat beli Singapore tourist pass (STP) karena kantornya baru buka jam 12. Singapore tourist pass ini sangan direkomendasikan, karena dengan punya kartu ini, lu bisa jalan2 keliling negara itu pake mrt dan bis sepuasnya hanya dengan S$8 sehari. Mungkin gak segitu murahnya, tapi secara psikologis lumayan bikin lu gak harus mikir 2 kali buat naek transport umum.

Kantor travel information itu ada di terminal 2, jadi kita harus naek skytrain dulu ke terminal 2. Jam 12 teng kantor itu buka dan kita beli 2 kartu. Kita beli yang 2 days pass seharga S$26, S$16 buat biaya pass nya, S$10 sebagai jaminan yang bisa di refund dalam waktu 5 hari.

Setelah punya STP, kita langsung naek ke MRT yang stasiunnya juga ada di terminal 2 tersebut. MRT di singapura keren abis kalo dibandingin dengan KRL jabotabek (yaiyalah..!!). Rutenya terintegrasi dengan feeder2 bis dan jadwal yang sangat teratur. Ini pengalaman pertama naek mrt, hehe.. Dari Changi kita langsung ke hotel, kita harus transit di stasiun tanah merah buat ganti MRT, terus harus ganti bis di Bedok interchange. Dari Bedok kita naek bis no. 32, trus turun di frankel avenue tempat hotel Gas81 berada.

Setelah sampe di hotel dan self check-in, sedikit beres2 dan shalat zuhur + ashar, waktu sudah menunjukkan jam 3 sore, kita langsung jalan ke arah orchard buat makan siang. Agak gagap pas nyampe di stasiun MRT orchard karena kita salah pintu keluar. Jadinya keluarnya di jalan yang sejajar dengan orchard, bukan di orchardnya.

Makan siang pertama sesuai ritual: McDonald. Gw beli double cheese burger dan coke seharga S$7, tidak terlalu murah memang. Lanjut kita langsung survey2 oleh2 di lucky plaza, ini memang tempatnya suvenir2 murah khas singapur. Rencananya baru mau beli besok. Abis survey, kita menjalani ritual memasuiki mal2 yang ada di sepanjang orchard road, mulai dari paragon, takashimaya, dll. Tentu saja cuman cuci mata, secara bandroll disitu paling murah aja udah ratusan dolar. Mana mampuuuu..

Satu hal yang bikin gw takjub, pas gw masuk takashimaya, pas di toko louis vuitton, yang masuk harus ngantri, padahal harga display yang gw liat di etalasi harganya S$5600, gila, segitu banyaknya ya orang kaya di dunia ini. Dan kalo gw liat di jalanan, tidak ada satupun mobil pribadi yang usianya lebih dari 5 tahun. Bahkan gw sering liat ibu2 setengah baya dengan tampilan biasa2 aja mengendarai ferarri, porsche, jaguar, dll. Masserati yang katanya hanya ada 2 buah di Indonesia, berlalu lalang aja di jalanan singapura, ck..ck..ck..

Abis dari orchard road, kita jalan menuju Bugis. Harga2 di bugis junction relatif lebih murah dikit dibandingin di orchard. Tapi tetep aja gw gak beli apa2 disini, cuman kakak gw sempet beli suvenir piring2an gambar singapura gitu di bugis night marketnya. Di sini juga gw sempet beli jus nanas seharga S$1, lumayan pas lagi haus2nya dapet minuman dingin kayak gitu.

Di bugis juga kita makan malem, waktu udah menunjukkan jam 8. Kita makan di restoran cina di pinggir jalan gitu, dan yang terpenting dia pasang logo halal. Oke deh, santapp.. Gw pesen prawn mee seharga S$3,2. Pas makanannya dateng, hmm.. seru, ada udah gede2 tiga biji, kuah medok, dll. tapi pas dimakan *KECEWAAA* gak ada rasanya..

Abis makan malem di bugis, kita jalan ke stasiun MRT bugis untuk menuju ke stasiun City hall menuju ke esplanade dan merlion park. Sampe di stasiun City hall, kita rada nyasar, harusnya kita keluar dari bawah tanah itu ke jalan rafflessdrive, tapi kita malah masuk ke esplanade itu sendiri. Jadinya harus balik arah deh.

Sampe di depan esplanade kita foto2 bentar dengan latar lampu2 birunya esplanade, dilanjutkan dengan foto2 di merlion park. Disini kita duduk2 sampe jam 10 malem, menikmati keindahan merlion park bersama2 dengan turis2 dari berbagai negara lainnya yang sama2 berusaha mendapatkan pose terbaik dengan si mas merlion, hehe..

Jam 10 kita cabut dari merlion park, jalan kembali ke city hall, sambung bis no.32 dan sampe di hotel sekitar jam 11 kurang. Setelah mandi dan beres2, menyusun rencana besok mau kemana aja, baru deh tidur sekitar jam 12 malem.

Minggu, 18 Januari 2009

Seperti yang telah diprediksi sebelomnya, kita berdua bangun kesiangan. Jam setengah 8 kita baru bangun. Langsung shalat subuh, ganti baju, jalan deh. Rencana pagi ini mengunjungi rumah temen kakak gw di daerah yew tee. Dari hotel kita nyoba naek bis tanpa tau tujuannya kemana. Sembarang naek bis aja, hehe.. Di tengah jalan, kita turun bis pertama trus naek lagi bis kedua yang double decker, cuman pengen ngerasain duduk diatas aja. Dan tentu saja semua itu tidak perlu bayar lagi karena kita udah punya 2 days pass yang dibeli kemaren.

Turun bis di stasiun MRT Clarke Quay, beberapa kali transi ganti line MRT, akhirnya sampe di tempat tujuan dalam waktu sekitar 30 menit. Yew tee ini daerah kampungnya singapura, lumayan jau di ujung barat singapur. Tapi tetep aja masih dengan kondisi yang rapih, teratur dan bersih. Gak kayak perkampungan di jakarta. Di rumah temen kakak ini sampe jam 12 an, sekalian numpang transfer foto2 di kamera ke flashdisk karena udah lumayan penuh dipake foto2 seharian kemaren.

Abis dari rumahnya itu, kita diajak ke sebuah mall di daerah woodland. Oia, ternyata target pemerintah singapura itu adalah dibangun tiap mall di setiap stasiun MRT, gila.. pantesan aja perasaan gw ngeliat mall bertebaran dimana2. Di mall di woodland ini gw makan nasi dengan nugget ikan yang dibanjur dengan saus lemon. Rasanya? Huekk..!! asli pengen bikin muntah. Gak enak. Tapi lumayan ternetralisir dengan minuman teh tarik yang enak.

Tujuan selanjutnya adalah kembali ke orchard buat beli oleh2. Kita keliling2 lucky plaza buat nyari bros titipan tante yang bentuknya merlion. Asli susah banget, ternyata cuman 1 toko yang jual bros merlion, sisanya bros2 orchid2 gitu aja. Lumayan lama muter2 di lucky plaza. Trus kita lanjut ke mesjid al-falah, satu2nya mesjid yang ada dikawasan orchard road. Disini kita shalat zuhur + ashar.

Abis dari orchard road, kita jalan ke Vivo city, kita harus naek MRT tanpa harus pindah line dan turun di stasiun Harbour Front. Vivo city ini adalah mall terbesar di singapura, dan dia punya skypark. Asli ada taman lengkap dengan pohon2an dan kolam di lantai teratas sebuah mall. Dari skypark ini kita bisa ngeliat kapal2 yang merapat yang baru datang dari batam dan kita juga bisa ngeliat pulau sentosa.

Dari lantai 3 vivo city ini juga ada stasiun mrt punya pulau sentosa, jadi dengan S$3 kita bisa beli one day pass naek mrt tersebut sepuasnya. Setelah kita beli pass itu, kita naek MRT dan menuju ke pulau sentosa, padahal jam sudah menunjukkan pukul 17.30 waktu itu.

Sampe di sentosa sekitar 5 menit naek mrt, kita cuman keliling2 sebentar tanpa memainkan permainan apapun disitu. Foto2 bentar di siloso beach, trus foto2 di patung merlion, foto2 di imbiah lookout, trus cabut. Terkesan sebentar sih, tapi untuk S$3 sih pemandangan2 dan foto2 yang didapet worth it kok.

Abis dari Sentosa kita jalan ke chinatown. Gila, keluar stasiun chinatown udah kayak keluar di lautan manusia. Bener2 rame abis, secara udah deket sama imlek. Tentu saja barang2 yang dijual disini penuh dengan ornamen2 imlek berwarna merah. Kita gak beli apa2 disini, cuman sempet foto2 bentar aja.

Tujuan berikutnya adalah little india, masih di jalur mrt yang sama. Begitu keluar stasiun, kakak gw udah ngerasa gak enak, karena semua orang disekeliling kita india semua yang lagi duduk2 di rumput2 disekekliling trotoar gitu, dan 99% adalah cowo. Gw kasian juga sama kakak gw, jadinya kita langsung cabut lagi aja dari sana tanpa membeli apapun atau bahkan foto.

Abis dari little india, kita balik lagi ke orchard road buat makan malem dan beli oleh2 yang kelupaan dibeli sebelomnya. Kita makan di burger king di depan borders. Gw sama kakak gw makan whooper, kena S$16 berdua, jelas2 tidak murah. Abis itu mau ke lucky plaza lagi, eh ternyata udah tutup, yaiyalah, udah jam 22.15. Akhirnya kita cuman beli beberapa suvenir dari satu toko yang kebetulan belom tutup.

Abis dari orchard road kita langsung pulang. Sampe hotel sekitar jam 23.00, mandi, shalat, beres2 dan packing2 karena besok pagi langsung check-out.