Sharing session UGM / liburan di Jogjakarta

Ini perjalanan yang paling mengesankan buat gw, karena ini adalah kali eprtama seumur2 gw naek kereta jarak jauh. Waktu itu gw dan rombongan naek kereta bisnis Fajar Utama ke jogjakarta yang berangkat tanggal 20 Desember jam 6.20 pagi dari stasiun senen, dan ETA jam 3 sore.

Sabtu 20 Desember 2008
Berangkat dari rumah abis subuh, sampe stasiun mepet jam 6.15. Langsung naek ke kereta, dan disaat kita masih ngatur2 tempat duduk, keretanya jalan, fiuhh.. telat dikit bisa ketinggalan kereta tuh.

Diawal perjalanan masih seru, masih foto2, becanda, ketawa2, makan2, terus tidur. Setelah (perasaan) tidur lamaaa banget, gw bangun, dan gw liat jam: *wtf.. baru jam 9, berarti baru 3 jam jalan?? buset masih 6 jam lagi?? disaat itu gw dah mulai putus asa kebosenan, hehe..

Di tengah perjalanan, tiba2 ada bencong berjilbab ngamen, waduh, sambil ngecrek2 terjadi suatu kejadian tak terlupakan, tu bencong nyolek2 si uchal, dan 2 kali aja.. gila uchal, punya daya tarik terhadap bencong.. Dan gak cuman itu, ada lagi aja bencong yang dateng (yang juga sebagai indikator kalo kerta itu udah masuk jogjakarta), 2 bencong kekar dengan pakaian minim masuk dan bernyanyi dengan dhasyatnya "ewer..ewer..ewer..", phfiuuhh... sereemm.. kayaknya tu bencong kalo siang jadi preman deh, asli, sempak aja kalah kekernya..

Akhirnya setelah memaksakan menikmati perjalanan, dengan foto2 di setiap stasiun yang keretanya berenti (cirebon, porwokerto, dll), makan siang nasi bungkus ibu2 yang lewat2, ngobrol2, tidur, dll, kita sampe di jogjakarta ontime jam 3 sore di stasiun tugu. Begitu sampe, gw dan beberapa orang anak 2005 langsung ngurus tiket pulang buat tanggal 25 Desember malem.

Pas keluar stasiun, bis yang dipake buat nganter jemput rombongan selama di jogja udah nunggu dan kita langsung dianter ke penginapan di rumah neneknya uchal di daerah lor kuncen, lumayan deket sama stasiun dan malioboro. Disitu kita langsung pilih2 kamar, gw sekamar lagi sama hage, banyu, sempak, dan dengan komposisi tempat tidur yang sama dengan pas raker.

Abis pilih2 kamar sekitar jam 5an, kita makan siang larut atau makan malem kepagian. Abis itu bercengkrama sebentar, pas abis magrib, udah waktunya bebas. Gw dan beberapa temen gw berencana ke malioboro.

Di malioboro gw beli sendal batik dengan bentuk kotak abis, aneh, tapi lucu dan murah, cuman 15rb (ditawar dari 35rb). Abis itu yang tersisa masih dalam rombongan tinggal gw, hage, banyu, kumkum, dan mulia. Acara dilanjutkan ke alun2 buat nyobain lesehan. Disitu gw beli jagung bakar (yang asli keras abis) dan es susu. Baliknya kita naek becak ke penginapan. Keselnya sempet dikadalin sama abang becaknya, becak gw diajak muter2 dulu ke keraton dan ujung2nya diturunin di deket malioboro dan dimintain duit 20rb, sialan!! intinya, jangan pernah naek becak di jogja, mending taksi karena lebih MURAH dan lebih NYAMAN.. percayalah..

Minggu 21 Desember 2008
Adalah hari jalan2 kita serombongan. Rute hari ini adalah candi borobudur dan kaliurang. Jam sembilanan kita berangkat dari penginapan ke candi borobudur naik bis yang sama dengan yang ngejemput kemaren. Jam sepuluhan udah sampe di borobudur. Sebenernya gw udah pernah ke borobudur, jadi biasa2 aja. Keliling2 dan foto2 disitu sampe jam 12an, gak ada sesuatu yang terlalu menarik disini.

Perjalanan dilanjutkan makan siang di kaliurang. Kita makan disebuah restoran gitu yang menunya murah2. Awalnya gw makan nasi dengan omelet gitu, cuman 7500an. Tapi berhubung menunya murah2, gw jadi nambah satu porsi lagi, hehe.. Abis makan kita lanjut ke ullen sentalu, adalah sebuah museum adat jawa yang keren dan kesannya bener2 angker. Disitu kita dijelasin tentang keluarga keraton, batik2, tarian2, dll. Disitu kita gak boleh berfoto sama sekali dan gak boleh menyentuh barang2 yang ada disitu sama sekali. hmm... menambah kesan angker. Dan kesan angker itu disempurnakan dengan statement wiydiy yang bilang dia ngeliat penampakan di salah satu foto rame2 kita. *pun gw gak bisa liat sih..

Abis dari ullen sentalu adalah acara bebas yang resmi di malioboro. Gw, hage, kumkum, dan banyu langsung menuju ke alun2 selatan buat nyobain angkringan nasi kucing. Hebatnya, gw makan nasi kucing sebungkus dan 2 gorengan cuman kena 1500 ajah dong.. plus es susu 2000 perak?? murah!! Dari situ balik ke penginapan pake becak lagi dan kena 50rb buat 2 becak, padahal gak jauh2 amat. Makanya mending naik taksi dah..

Senin 22 Desember 2008
Hari ini adalah hari H dimana kita akan melakukan sharing session ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. Jam 9 setalah sarapan kita berangkat, sampe di UGM jam 10an, kita langsung mengikuti kuliah umum dengan ibu Endang Sih Prapti *nama yang unik memang* tentang arti ilmu ekonomi or something gitu deh. Gw gak terlalu konsentrasi secara badan udah capek banget, yang ada gw berkali2 ketiduran selama kuliah itu. Tapi ibunya baik banget deh, sbenernya jadi gak enak kalo gak meratiin.

Abis kuliah umum, kita diajak muter2 keliling kampus UGM, ngeliat kelas2 dan fasilitas2 lain. Yang hebat adalah adanya ruang dosen yang bener2 dihuni sama dosennya, dimana kalo di UI mah ruang dosen ya ada di kantor masing2 di thamrin, sudirman, kuningan, dll. Abis keliling2 kita makan siang nasi kotak di tamannya UGM.

Abis makan siang, kita punya sharing session dimana antara HIMIESPA dan KANOPI saling bertanya jawab tentang struktur masing2 organisasi dll. Pertanyaan yang dihasilkan lumayan banyak sehingga alhamdulillah diskusinya lumayan hangat. Sesi ini berakhir sekitar jam 3an dan kita berfoto dengan membuat huruf I dan E jadinya IE, hehe..

Selasa 23 Desember 2008
Hari ini officially kegiatan sharing session berakhir, dan udah beberapa orang pulang ke Jakarta. Gw dan temen2 gw anak 2005 pindah ke hotel Virgo yang udah dibooking sehari sebelomnya di daerah sosrowijayan deket Malioboro. Hotel murah yang tempatnya didalem gang, bersih dengan kamar mandi di dalem tanpa AC. Kita pesen tiga kamar buat berlima, karena yang 1 lagi perempuan si Febri. Setelah sarapan jam 10an kita pindah ke hotel tersebut. Dari lor kuncen naek taksi turun di depan stasiun tugu kena cuman 15ribu ber5.

Abis check-in, kita meluncur ke taman sari alias kamar mandinya si sultan jaman dulu. Secara gw juga udah pernah kesini jadinya gak segitu exitednya banget. Abis dari taman sari kita jalan ke keraton. Kalo keraton gw belom pernah sebelomnya, jadi lumayan semangat pas baru mau masuk. Tapi ternyata pas didalem rada kecewa, cukup membosankan dengan cuman ngeliat barang2 keratonan doang, at least been there done that aja lah. Abis dari keraton kita makan siang di nasi gudeg di jalan wijilan yang katanya terkenal. Lumayan lah, sepiring nasi gudeg dengan telor 6ribu rupiah, tapi secara gw gak suka makanan manis jadi rada gak nafsu aja. Abis itu kita ke pasar beringharjo belanja oleh2, batik dimana2, sampe mabok batik gw..

Malemnya gw febri banyu sama hage makan malem di angkringan cak man disekitar tugu, gak terlalu jauh jalan dari hotel. Seperti biasa kita makan nasi kucing, ditemani dengan kopi joss, kopi yang dikasih areng didalemnya, tapi arengnya gak berasa sih. Disitu lumayan malem sampe jam 10an. Pulangnya langsung balik ke hotel setelah sedikit berfoto2 di malioboro.

Rabu 24 Desember 2008
Ini hari terakhir di Jogja, tapi baru berangkat jam 6.30 sore naek Senja Utama. Paginya kita sarapan di soto gareng yang juga terletak di daerah tugu. Abis itu kita balik ke pasar beringharjo buat beli oleh2 yang belom terbeli, dilanjutkan ke mirota batik, dan belanja di malioboro. Balik ke hotel udah jam 1an buat naro barang dan check-out 2 kamar, satu kamar lagi dipake buat naro barang sampe jam 6 sore, bayar setengah harga.

Abis shalat zuhur dan ashar dijamak, kita makan siang pecel di depan pasar beringharjo. Saran yang wajib dilakukan adalah: tanya dulu sebelom mesen atau ngambil sesuatu apapun, karena kalo nggak lu bakal diketok pas bayar. Gw cuman kena 6ribu perak, sedangkan si Banyu yang nambah2 tanpa nanya harga dulu sebelomnya kena 16ribu. Bayangin aja aqua gelas 1000 perak *wtf..

Abis makan siang kita ke benteng vredeburg. Bayar masuknya cuman 750 perak per orang. Murah banget, tapi sepadan dengan apa yang bisa kita liat didalemnya. Gak ada yang bisa diliat selain foto2 yang menurut gw gak menarik. Yang ada gw sempet ketiduran didalem situ gara2 udah gak jelas lagi mau ngapain.

Akhirnya jam 4an kita balik ke hotel buat ngambil barang dan jalan ke stasiun tugu. Jam 6 kita udah sampe di stasiun tugu. Disini ada kejadian dramatis antara tris dan sempak yang baru putus sehari sebelumnya, hehe..

Kereta berangkat ontime jam 6.30 sore, dan gak lama setelah kereta jalan, 2 bencong kekar yang ketemu pas berangkat dateng lagi. "Ewer..ewer..ewer..ewer..". terpaksa deh kita mengikhlaskan 1000 rupiah biar gak dicolek.

bisa liat videonya di http://www.facebook.com/video/video.php?v=41825696767&subj=622154662#/video/video.php?v=41825696767&subj=622154662

Seperti halnya pas bernagkat, gw mulai putus asa 2 jam setelah keberangkatan. Kok gak nyampe2 ya?? setelah berkali2 tidur, bangun, ngobrol, dll. baru deh jam 4 pagi kita sampe di stasiun senen jakarta. Shalat subuh dulu, langsung jalan ke stasiun manggarai pake taksi buat naek kereta jabotabek ke depok. Akhirnya sampe dirumah jam 6 pagi di pagi natal yang cerah itu, hehe..

Jangan lupa liat foto2 gw di http://www.facebook.com/album.php?aid=46092&id=622154662