Ngawas CPNS di Medan

Tanggal 9-10 Desember kemaren gw dapet jatah ngawas CPNS BPK di Medan, thanks to decil yang udah masukin nama gw dalam daftar pengawas. Lumayan, jalan-jalan gratis dengan akomodasi lengkap, dipabay pulak. Tapi untuk yang punya hati nurani bersih, harus siap-siap kecewa. Kenapa? silahkan scroll mouse anda kebawah..

Dimulai dari briefing tanggal 6 Desember di UI salemba, semua pengawas mahasiswa dikumpulin, dan tebak!! kita diajarin buat bikin bon palsu biar dapet reimburse hotel yang besar. Gila, tu orang ngejelasin ke mahasiswa2 dengan tanpa perasaan bersalah, padahal dia ngajarin orang buat nyolong. Gimana indonesia gak high cost economy..

Abis briefing lanjut ke gedung BPK di jalan proklamasi. Disitu kita dibagiin duit akomodasi selama di daerah. Lumayan, satu orang dapet 1,2 juta buat 2 hari, dengan jatah reimburse hotel 400rb buat semalem. Tapi sialnya gw masuk grup medan 1 dimana di grup itu, yang mahasiswa cuman gw sendiri. Sisanya bapak2 ibu2 pegawai Bappenas. Dan mereka sibuk dengan nyari2 hotel murah dengan bon hotel mahal. Akhirnya disepakati kalo kita nginep di mess Unimed (Universitas Negeri Medan), satu kamar 100rb bagi 2, dengan bon Hotel bintang 3 seharga 400rb semalem satu orang. *wtf..

Sudahlah, bodo amat, dosa sendiri ini. Yang penting gw cuman bakal ngambil reimburse 50 ribu, sesuai dengan harga yang gw bayarin.. Yang penting jalan-jalan gratis, naek garuda pulak..

Tanggal 9 grup gw kumpul di Proklamasi sebelom berangkat bareng ke bandara. Abis subuh gw udah berangkat karena kita ngumpul di proklamasi jam setengah 7. Seperti biasa orang indonesia, baru ngumpul jam setengah 8. Langsung jalan ke bandara pake bis yang udah di charter. Sampe di terminal 2F jam 9, kita pake pesawat Garuda Indonesia yang berangkat jam 10.50, sampe di Medan jam 13.20. Langsung check-in, gw misah sama bapak2 itu. Berhubung masih ada waktu sekitar 2 jam, gw jalan2 sendiri aja sambil telpon2an. Abis itu sempet ngopi dulu di starbucks, beli hot hazelnut latte. Di bandara ketemu banyak banget anak2 FE yang juga ngawas ke seluruh indonesia. Ketemu Yosier yang mau ke batam, ada yang ke lampung, makassar, denpasar, dll.

Penerbangan ontime dan cenderung lancar. Dapet bangku di 19E, sial, gak dapet jendela/isle. terpaksa diapit sama bapak2 korup itu. Makan siang nasi goreng dengan minum cocacola, seperti biasa makanan Garuda gak ada rasanya.

Mendarat di Polonia Medan jam setengah 2an, ngantri bagasi, dll. baru bisa keluar jam 2an. Udah ditunggu sama bis dari Unimednya, kita langusng naek bis menuju penginapan. Sialnya esia gw selama di Medan gak bisa di Gogo, jadinya hanya bergantung ke IM3 dan orang2 pada gak bisa ngehubungin gw. Sampe di Unimed sekitar jam setengah 3 kita ngetek kamar masing2. Kamarnya lumayan bersih, pake AC, ada tv. Tapi sialnya gw sekamar sama bapak2 perokok. Ngerokok sih gak masalah selama gak didalem kamar berAC, please!!

Jam 4 kita briefing sama pengawas2 lokal di balairungnya Unimed. Dan tebak, para pengawas lokal adalah dosen2. Gila aja, gw sebagai pengawas pendamping nyuruh2 para pengawas lokal yang notabenenya udah bapak2 dan ibu2. Tapi untungnya mereka baek2, bahkan ada yang ngajak gw keliling2 medan. Briefing kelar jam 5an, tapi ada masalah di penomoran tempat duduk (untungnya bukan sektor gw). Bapak2 ibu2 itu repot banget ngeganti2 susunan tempat duduk sampe2 kita baru bisa keluar abis magrib, edan..

Abis itu kita balik ke mess buat mandi dll. Jam setengah 8 kita jalan bareng buat makan malem. Kita makan di restoran Garuda. Katanya restoran paling enak di medan. Bondan winarno juga pernah makan disini sih. Tapi rasanya biasa2 aja, gak sebanding dengan harganya. Makan ber-14 kena 2 juta!!! untung dibayarin.. Abis makan kita beli oleh2 bika ambon di jalan majapahit, gw cuma beli satu kotak kecil yang rencananya buat oleh2 ke nek angah (adeknya nenek), buat oleh2 gw ke jakarta dibeli besok aja biar lebih awet. Dilanjutkan dengan pesta duren. Kita beli duren sampe bagasi mobil itu (L300) penuh dengan duren. Total harganya 900rb an, hampir sejuta. Durennya dimakan di penginapan. Abis pesta duren, kita balik ke kamar masing2 buat tidur.

Besok paginya gw bangun jam setengah 6. Disuruh kumpul di Balairung jam 7. Beres2 mandi dll, keluar kamar jam setengah 7, jrengg.. masih gelap. Kayaknya di jakarta udah silau deh jam seigtu.. Jam 7 sampe di balairung, ketemu dengan para pengawas lokal, dan ujian dimulai. Ujian gak penting buat gw bahas disini. Intinya gw sebgai pengawas pendamping cuman bertugas buat ngawasin pengawas lokal, jadi gak perlu turun langsung ngawasin peserta, hehe.. bisa berleyeh2.. ujian berlansugn dari jam 9-12.

Begitu ujian beres jam 12, diakhiri dengan penghitungan soal dan kerupuk2nya, kita makan siang bareng (nasi kotak) di lokasi. Bla..bla..bla.. baru bisa keluar dari lokasi jam 1, beres2 di kamar, jam 2 baru bisa cabut dari Unimed. Dan petualangan pun dimulai..

Pesawat pulang jam 19.45. Seenggaknya ja 6 sampe di Bandara. Jadi gw punya waktu sekitar 4,5 jam buat muter2 sendiri, hehe.. Rencana pertama adalah ke rmah nek angah, trus balik ke majapahit beli oleh2, trus gak jelas deh, hehe..

Abis nanya2 angkot yang ke arah sei belutu rumahnya nek angah, gw disuruh naek angkot no 20. Pas diatas angkot gw telp ke rumah nek angah, sialnya beliau lagi ke rumah sakit dan baru pulang abis magrib. Hyah.. gak bakal sempet. Akhrirnya tujuan diubah, setelah ngobrol2 bentar sama mahasiswa unimed yang kebetulan seangkot, dia nyaranin buat ke medan fair, katanya "disitu ada carrefour, abang bisa belanja2" GUBRAK!! di jakarta banyak carrefour kali mbak. Tapi akhirnya gw turun juga di medan fair. Muter2 bentar, trus jalan lagi ke majapahit buat beli oleh2. Menuju majapahit gw naek bentor (akhrinya ngerasain naek bentor), tentu saja sambil terus berfoto. Bayarnya 15rb ke majapahit lanjut ke sunplaza. Di jalan majapahit gw beli bika ambon zulaikha, manisan jambu (atas rekomendasi rani), jus markisa dan terong belanda.

Abis dari jalan majapahit lanjut ke sunplaza dengan bentor yang sama. si bapaknya nungguin. di sunplaza gw udah bingung mau ngapain. cuma muter2 gak jelas. jauh2 ke medan cuman buat muterin mal?? basi!! Abis muter2, gw nyantai dulu sekalian istirahat di J.co. Sampe jam 5an di sunplaza. Trus gw sempet masuk ke Mesjid agung (atas rekomendasi wina) yang terletak persis disebelah sunplaza. Pun gw udah shalat ashar dijamak, tetep aja gw masuk dan foto2 bentar, hehe..

Abis dari masjid agung, udah waktunya ke bandara. Pas gw nyari2 bentor, gw ngelewatin kantor gubernur Sumatra Utara, gak lupa foto dulu, hehe.. Dari situ dapet bentor ke bandara, kena 10rb. Ternyata bentor gak bisa masuk bandara, jadi harus turun di pintu masuk. Di pintu masuk itu banyak ojek yang nawarin gw buat ke terminal domestik. Gw pikir gak akan jauh2 amat, ternyata lumayan gila.. menges juga.. jalan sekitar 5 menit dari gerbang sampe terminal domestik.

Sampe terminal jam 6.15 udah ditugguin sama grup Medan 1, kita check-in, pake Garuda Indonesia jam 19.45. dapet seat di 18C, sial gak dijendela lagi, tapi lumayan gak harus diapit orang. Sambil nunggu boarding, gw shalat magrib dulu, eh pas lagi shalat, gw ketemu si dingga, pengawas mahasiswa yang ngawas di Banda Aceh, ternyata dia lagi transit dari banda aceh dan satu pesawat sama gw untuk rute medan-jakartanya.

Ternyata itu orang banci foto juga, gw foto2 sama dia, mulai dari ngantri boarding, di bis pas mau ke pesawat, di samping pesawat, bahkan di tangga mau naek pesawat, buset dah..

Penerbangan super on-time jam 19.45, tetap dengan makanan (nasi + ikan) yang gak ada rasanya. Penerbangan kali ini super dahsyat. berasa naek metro mini di jalan rusak. Gubrak-gabruk abis. dan pas diliat diluar, kilat menyambar2, cuacanya lagi jelek banget. dan ternyata hal itu juga dirasakan sama ciuk yang ngawas dari pekanbaru dan yosier yang dari batam.

Mendarat di soekarno hatta jam 22.15, ngambil bagasi dll, baru bisa keluar jam 22.45 an. Masih harus ke Jalan proklamasi lagi buat naro berkas2 soal dan jawaban. baru bisa pulang dari proklamasi jam 12, sampe rumah jam 1 pagi. ffiuhh..

Sekian pengalaman gw ngawas CPNS BPK di Medan, dan yang terpenting jalan2 sendirian di kota yang berjara lebih dari 1500km dari jakarta, hehe..

liat foto2nya juga di facebook gw di http://www.facebook.com/profile.php?id=622154662&ref=profile#/album.php?aid=43774&id=622154662