USB Modem CDMA

Sekitar satu minggu yang lalu saya membeli usb modem cdma buat dipake di laptop. Sebenernya sebelomnya kalo mau ngenet di laptop yang lama bisa pake hp cdma aja, disambungin pake kabel DKU 5. Tapi entah kenapa di laptop yang baru sekarang setiap kali mulai connect, pasti tu laptop hang dan harus di hard shut down (teken tombol power 5 detik). Hal yang sama terjadi di laptop lenovonya papa.

Karena kebutuhan online yang cukup tinggi dan kebutuhan akses internet untuk persiapan skripsi, jadilah saya membeli usb modem tersebut.


Sepulang dari ngawas SNM-PTN (dulunya SPMB, entah kenapa hobi banget gonta-ganti nama) di SMA 46 Fatmawati, saya turun di Margonda dan lansung menuju toko Uhuy di pondok cina. Sebenernya niat awal mau beli di mangga dua, mungkin harganya lebih murah, tapi setelah dipikir2 males juga kesana hanya untuk nyari sebuah modem, belom lagi ditambah ongkos, teh botol, dll, jadi kayaknya gak bakal beda jauh juga.

Pas nanya mbak Uhuy, dia nawarin 2 tipe, yang pertama wimodenya esia. Kalo wimode harganya 700ribuan. Tapi sayangnya dia gak bisa gonta-ganti simcard, cuman bisa esia. Esia itu setau saya cuman bisa pake timebased, per menitnya kalo gak salah 100 perak. Jadi lumayan mahal. Pilihan kedua adalah ZTE MG 880. Kalo yang ini bisa pake semua provider yang ada di Indonesia, esia, fren, flexi, sama starone. Harganya 650ribu, cuman bisa kurang 10ribu doang jadi 640ribu. Pas diliat sih bentuknya lumayan bagus, item dengan lekukan-lekukan yang gak jelas. Matching sama laptop saya yang hitam kelam. Gak kayak modemnya Yura yang merknya Speed Up, bentuknya gak keren. Setelah transaksi dilakukan, cap kuitansi untuk bukti garansi, dll. saya pulang ke rumah dengan gembira karena udah bisa online dari rumah lagi.

Nyampe rumah, agak deg-degan juga kalo2 nasibnya sama kayak hp cdma sebelomnya, bikin laptop hang. Ternyata setelah dilakukan tahapan instalasi:
  1. Masukin cd driver, instal driver dll...
  2. Colokin modem, tunggu bentar...
  3. Setting network yang dipake (saya pake starone karena paling murah dan lumayan bagus koneksinya)
  4. Langsung online...

Tidak ada masalah sama sekali, signal 4 dari 5 bar. Kecuali ternyata masa berlaku kartu saya habis, hehe.. Setelah beli voucher 20ribu, saya coba lagi dan alhamdulillah lancar. Relatif cepet dengan download speed rata-rata 20kbps. Lumayan dibandingin telkomnet yang dibawah 5 kbps.
Buat perbandingan, saya pake starone yang timebased per menitnya cuman 75 perak, jadi per jamnya sekitar 4500. Kalo mau pake yang volume based cuman Rp1/kb. Bandingkan dengan flexi atau fren yang mencapai Rp5/kb.

Sebenernya kalo di rumah ada line telkom sih gak masalah. Saya bisa pake berbagai macam pilihan internet provider, mulai dari speedy sampai radnet. Tapi sayangnya kenyataan berkata lain, ihiks. Apalagi yang bikin bete fastnet belom masuk depok. What da?? Padahal bogor udah ada. Kok ya yang jauh dulu ya?? Tapi yawdalah, yang penting sekarang udah ada solusinya. Buat yang mau beli usb modem cdma, saya merekomendasikan modem ZTE MG880 ini. Harga terjangkau, user friendly, dan bentuk yang lumayan oke. Hehe..