Going Up North or Down South?

Postingan kali ini memiliki latar belakang kegalauan gw untuk memilih salah satu tawaran dari beberapa lamaran universitas yang berhasil gw tembus. Salah satu pertimbangan gw untuk memilih sebuah universitas adalah peringkatnya secara keseluruhan, dan peringkat bidang studi yang gw pilih di dunia.

Berikut adalah peringkat universitas yang akan gw tuju dan beberapa sekolah lain sebagai pembanding, sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh QS Top Universities pada tahun 2011.
University of Southampton di Inggris, dengan motto Strenuis Ardua Cedunt, memiliki peringkat secara keseluruhan ke 75 dunia dan ke 207 untuk social science.




University of Melbourne yang memiliki motto Postera Crescam Laude, berada pada posisi 31 dunia dan ke 19 untuk social sciencenya.


Universitas Indonesia yang memiliki motto Veritas, Probitas, Iustitia memililiki peringkat secara keseluruhan ke 217 secara keseluruhan dan ke 122 untuk social science.


University of Tilburg dengan motto Understanding Society, berada pada peringkat ke 400an dunia dengan peringkat social science ke 97 dunia.


University of Paris 1 - Pantheon Sorbonne yang memiliki motto Omnibus Sapientia, Unicuique Excellentia memiliki peringkat ke 213 dunia dan ke 42 untuk social sciencenya.


University of Rennes 1 yang bermotto La volente de progressed, d'innover, d'entreprendre memiliki peringkat keseluruhan ke 450an.
National University of Singapore berada pada posisi ke 28 dunia dan ke 13 untuk social sciencenya.


University of Boston dengan motto Learning, Virtue, Piety berada pada posisi 70 dunia dan ke 107 untuk social science.
University of Auckland dengan motto Ingenio et Labore berada pada posisi ke 82 dunia dan ke 41 untuk social science.


Australian National University dengan motto Naturam Primum Cognoscere Rerum berada pada posisi ke 26 dunia dan ke 16 untuk social science.