Pembubaran Kanopi 2007/2008

Sabtu 23 Agustus sampe senin 25 Agustus 2008, Kanopi kepengurusan bolay (2007/2008) resmi dibubarkan setelah menjalankan masa tugas sekitar 8 bulan. Pembubaran dilakukan di pulau pramuka kepulauan seribu Jakarta.

Berikut adalah catatan perjalanan indah kami yang sulit untuk dilupakan..

Survey

Survey dilakukan pas tanggal 17 Agustus 2008, H-6. Setelah mengontak cp di pulau seribu, namanya Mickey dari dolphin ecotourism, gw berangkat sama caca dari depok jam 5 pagi, karena kapal yang menuju pulau pramuka cuma ada jam 7 pagi dan jam 1 siang, begitu pula sebaliknya. Ketemuan sama maber di halte MPR dan mamay di grogol, kita ber4 sampe di muara angke jam setengah 7. Sempet 3 kali gonta ganti tempat parkir karena rada semrem ninggalin honda jazz di tengah2 pasar ikan jakarta utara gitu.

Akhirnya kapal berangkat jam 8 dengan memakan waktu sekitar 2 jam 15 menit, lama emang, kalo naik pesawat udah nyampe medan tuh. Kita naik kapal Raja yang berkapasitas sekitar 150 orang, kita duduk di lantai 1, rame2 sama orang2 india yang juga mau liburan ke pulau pramuka. Pas di perjalanan si caca mabok, beda dengan gw dan mamay yang sebelom berangkat udah minum antimo, jadi yang ada tidur mulu..

Sampe di pulau pramuka jam setengah 11an, langsung ketemu si mickey, ngobrol2 tentang fasilitas yang kita dapet, terus ngeliat homestay, penangkaran penyu, makan siang, dan bersiap pulang untuk naik kapal yang jam 1.

Sabtu, 23 Agustus 2008

Kumpul di FE jam 8, tapi seperti biasa baru lengkap jam 9 kurang seperempat. Langsung naik ke bis untuk berangkat ke muara angke, lewat tol lingkar luar, karena kalo lewat dalam kota sering kena pungli bisnya.

Sampe di muara angke jam setengah sebelas, padahal janjian sama mickey di muara angke jam 10. Langsung boarding ke kapal yang udah di charter. Kapalnya kapal Raja juga, sama dengan yang dinaikin pas surver, bedanya kapal besar gitu cuman diisi sama 27 orang, alias kita2 aja, dan lantai satu kapal diisi dengan kursi2 empuk.

Selama perjalanan, seperti biasa anak FE pada banci foto, semua berfoto2 ria, atau lebih tepatnya kampungan pertama kali naik kapal, hehe.. Gw, isa, roy, ichal malah ketiduran di ujung depan kapal, salah satu faktor yang bikin gw menghitam..

Pas mendekati pulau pramuka, gak sengaja gw ngeliat ikan lumba2 loncat2an sekitar 50 meter di depan kapal, dan gak lama setelah itu mereka berenang ngikutin kapal tepat dibawah tempat gw duduk2, banyak lagi, sekitar 7 ekoran. Pengalaman pertama ngeliat lumba2 liar, karena biasanya ngeliatnya di ancol.

Sampe di pulau pramuka jam setengah 2 an, langsung menempati 3 homestay yang udah termasuk dalam paket liburan, makan siang di "private beach" kita dengan menu yang nampol, istirahat bentar untuk mulai aktivitas jam 3 sore.

Jam 3 kita semua menuju dermaga buat main dragon boat, sejenis kano tapi kapasitas 20 orang. Pas nyampe tengah2 laut kita main cebur2an ke laut. Abis itu kita semua latihan snorkling biar pas snorkling besokannya gak perlu latihan lagi.

Sekitar jam setengah 6 kegiatan di hari pertama selesai. Anak2 cowo pada beli mie instan di pinggiran dermaga sambil ngeliat sunset. Keren deh pokoknya..
Malemnya acara bebas setelah makan malem, juga dengan menu yang nampol. Gw isa hage, aldi jalan2 ke dermaga sambil ngopi2 di warung yang tadi.

Langit pas malem itu bersih banget, bintang keliatan semua, bener2 keren abis, milyway keliatan dengan jelas. beberapa orang bahkan ngeliat meteor alias bintang jatoh.

Minggu, 24 Agustus 2008

Ini hari H yang ditunggu2, hari snorkling. Jam setengah 8 kita semua sarapan, langsung ke dermaga untuk naik ke kapal kecil yang bakal dipake buat ke spot2 snorkling di sekitar pulau pramuka. Ada 2 kapal kecil, biru sama ijo, gw dan sebagian besar anak 2005 naik ke kapal biru. Ternyata kapal biru jalan duluan, sedangkan kapal ijo nungguin 4 orang yang dateng nyusul dari jakarta naik kapal penumpang biasa.

Sampe di spot snorkling pertama di pulau air, keren banget. Karang2nya keliatan jelas, pun banyak bulu babi. Disini gw isa hage caca ngelepas pelampung, trus nyoba nyelem ke dasar. Dan alhamdulillah gw sukses nyentuh dasar laut sedalam 3-4 meter itu, huaa.. seru..

Spot snorkling kedua juga disekitar pulau air itu, tapi lebih ketengah laut. disitu karang2nya lebih tinggi, jadi kita bisa nyentuh karang2 itu tanpa harus nyelem. disini karangnya lebih warna warni, bahkan kita bisa ngambil bintang laut.

Selanjutnya kita menuju pulau semadaun, disini kita makan siang nasi box. trus maen2 di pantainya yang super bersih dan sepi. Bayangin aja, di pulau yang palingbesarnya cuman setengah FEUI, cuman ada satu keluarga kakek nenek gitu. Romantis abis..

Lanjut ke spot snorkling terakhir, di tengah laut. disini katanya banyak soft coral. tapi menurut gw kayak kebon bulu babi, hehe.. banyak banget. tapi tidak mengurangi keindahan alam dasar lautnya.

Tujuan selanjutnya adalah keramba, kayak peternakan ikan mengapung di tengah laut gitu. disini kita beli ikan buat bakar2an malemnya. kita beli ikan bandeng tanpa duri 5kg sama udang 4kg, total sekitar 500ribu.

Malemnya ada acara curhat2an sambil makan ikan dan udang bakar. Ikan dan udangnya habis dalam waktu kurang dari 5 menit. Barbar abis, udah kayak kucing..

Senin, 25 Agustus 2008

Pagi2 gw sama isa jalan2 ngelilingin pulau. Setelah makan indomie (lagi) di warung deket dermaga, kita balik lagi ke penginapan. Acara dilanjutin ke taman nasional pulau pramuka dan penangkaran penyu. Sengaja acara ini ditaro di hari terakhir karena anak2 juga pasti udah pada capek.

Setelah selesai mendapat pengarahan dari petugas taman nasional dan berfoto2 dengan penyu, kita semua balik lagi ke penginapan buat makan. Abis makan kita siap2 pulang ke jakarta.

Sampe di dermaga jam 11an, berfoto2 dikit, langsung boarding ke kapal. Pas pulang gw kembali duduk di depan kapal sama isa. ngobrol2 gak jelas. Kita jadi ngeliat gradasi perbedaan warna air laut yang super biru di pulau pramuka, sampe jadi coklat di muara angke.

Sampe di muara angke, kita langsung naik ke bis yang udah nunggu buat ngebawa kita balik ke FEUI depok.

Intinya, perjalanan kali ini super seru, sangat menyenangkan. Trims banget buat Economix 2008 yang udah membuat surplus sangat besar sehingga Kanopi bisa pembubaran sangat mewah kayak gini, dolphin ecotourism yang memberikan servis yang sangat sempurna, dan seluruh pengurus yang udah menyempatkan hadir..