Bikin Paspor di Imigrasi Depok

ffiiuuhh.. berapa bula udah gak ngupdate kamu blogku sayang.. terbukti kalo emang gw tidak terlalu suka curcol di blog, hehe..

sebenernya udah pengen ngepost blog ini dari 2 hari yang lalu, tapi apadaya waktu tak ada.. lumayan, buat sharing pengalaman orang2 yang punya masalah sama dengan gw, hehe..

jadi ceritanya begini..

akhir november kemaren gw sama kakak gw berniat jalan2 ke singapura dan malaysia, untuk itu gw harus ngurus paspor, which is di bogor. males banget. Apalagi pengalaman kakak gw yang luamayan lama dan repot bolak balik ke bogor pagi2 buat ngurus paspor jalur "halal"

Tapi setelah gw berowse2, ada orang yang cerita kalo di depok kantor imigrasinya udah bisa ngelayanin pembuatan paspor, lumayan nih, jadi gak perlu jauh2 ke bogor.. jadilah gw mencoba ngurus ke imigrasi depok aja (untungnya ktp gw depok).

Hari senin tanggal 1 Desember, jam 7:45 pagi gw dah cabut dari rumah, niatnya biar kalo ngantri, bisa dapet urutan awal. Nyari kantor imigrasi depok lumayan repot, tempatnya masuk kedalem gitu, gak keliatan dari jalan, dan plangnya ketutupan pohon. sempurnalah gw 2 kali muter balik di margonda. Lokasinya tepat disamping markas PDIP, kalo dari arah jakarta, kita harus muter di pertigaan menuju depok 2. kalo bingung, tanya aja langsung via telp di (021) 77212549).

Begitu nyampe, gw langsung dateng ke loket 1: pendaftaran, sepi banget, gak ada orang yang ngantri sama sekali. Trus gw tanya buat dapet formulir dimana, mas2nya bilang di koperasinya, ada di bagian kanan gedung. Pas gw sampe koperasi, harga formulirnya termasuk map dan sampul paspor 15ribu. Langsung gw isi dan gw serahin lagi ke loket 1 yang tadi. Abis itu gw dapet lembar konfirmasi buat sisuruh balik lagi tanggak 3 Desember buat wawancara dan foto. Oia, gw bisa langsung daftar karena gw udah ngebawa seluruh persyaratan pendaftaran, seperti: KTP, Ijazah SD-SMA, Kartu Keluarga, Akta kelahiran. Semuanya dengan fotokopi 1 rangkap.

Tanggal 3 Desember pagi gw dah sampe lagi di imigrasi depok. Disitu gw langsung disuruh bayar total biayanya sebesar 270rb, trus nunggu wawancara foto di bagian dalem gedung. Sebelom gw cuman ada 1 orang dan setelah gw ada 1 orang lagi. Bener2 sepi ini kantor, kayaknya orang depok gak ada yang berminat ke luar negeri ya, hehe..
Abis itu gw dipanggil, masuk, difoto, trus diwawancara. Sebenernya cuman nanya doang bikin paspor karena mau pergi kemana, trus mengkonfirmasi data2 yang udah ada di komputer dia. Abis itu gw disuruh ke loket 2 buat ngambil lembar konfirmasi dan disuruh balik lagi tanggal 5.

Tanggal 5 hari jumat siang gw balik ke kantor imigrasi, buat ngambil paspor gw yang udah jadi. sebelom gw bawa pulang, gw harus fotocopy halaman depan dan belakang paspor gw. sayangnya fotokopi yang ada disekitar imigrasi ini cuman ada di koperasi yang tadi, dan mahal, selembarnya 500, jadi gw harus ngeluarin 1000 buat fotokopi 2 lembar.
Udah gitu, beres deh, I'm ready for singapore dan kuala lumpur, hehe..

Intinya, ngurus paspor di Imigrasi depok sungguh menyenangkan, cepet (cuman 5 hari kerja), murah (karena tanpa calo), dan petugasnya relatif ramah. Jadi, buat apa mahal2 bayar calo yang sampe 1 jutaan kalo bisa dapet dengan murah dan "halal", hehe..


Total biaya yang harus gw keluarin untuk dapet paspor 48 halaman ini:
Paspor 48 halaman 270.000
Formulir 15.000
Fotokopi 1.000
Parkir 3 kali 3.000
Total 289.000