South East Asia Trip - Part 3


Rabu, 15 Februari 2012
Jam 06.00 pagi gw udah siap berangkat. Sebelum meninggalkan hotel gw sempet minta air panas ke resepsionis untuk bikin bubur ayam instan yang dikasih si Neneng tadi malem.

Setelah nyamperin Mete dan Neneng di depan hotel mereka, kita langsung naik ke tuktuk yang sama menuju terminal bis. Sampe terminal bis, kita nunggu sebentar, naik bis sekitar jam 06.45, agak delay sedikit bisnya.

Bis menuju Siem Reap ini jauh lebih sederhana dibandingkan bis dari HCMC kemarin. Kali ini bisnya super banyak berenti untuk naikin orang di tengah jalan. Bisnya juga jadi penuh sesak. Sebentar, penuh sesak masih mending, yang bikin parah adalah: di tengah jalan ada yang muntah. Jadilah satu bis bau anyir.. doohh.. Mana ibu-ibu disamping gw kerjaannya ngajak ngobrol melulu lagi. Iya betul, dengan bahasa Khmer.. Mana ngarti aing bu.. *tarik2 rambut unyu* *anjir gw ngetik apa barusan?? unyu??!!*. Gw cuma bisa nyengir ala kuda tiap kali ibu itu ngomong. Semoga seluruh kalimat dia adalah pernyataan ya, kalau ternyata pertanyaan, dan gw jawab dengan senyuman, agak-agak pranggg dikit ya? Ibarat dia nanya: “halo, nama kamu siapa?” gw: *nyengir*. Oke selesai pembahasan tentang obrolan dengan si ibu. Semoga si Ibu nggak ngira gw gila, percuma ganteng tapi gila.. *eh terus dibahas deh*

Setelah berjam-jam dan singgah di sebuah rest area, akhirnya bis sampe juga di terminal Siem Reap sekitar jam 14.00. Kita langsung menuju hotel dengan menggunakan tuktuk dengan tarif USD 1 per orang.

Kali ini hotel gw dan kedua perempuan itu berbeda. Hotel gw di King-Angkor Villa yang terletak di salah satu jalan besar di Siem Reap, within walking distance dengan night market yang sangat terkenal di kota ini. Kamar private tanpa AC lengkap dengan tv satelit dan kamar mandi dalam hanya seharga USD 4,6 per kamar per malam. Kamarnya relatif bersih dan besar. Super worth it dengan harga segitu.

Kamar 102 King Angkor VIlla

Setelah shalat zuhur dan ashar, gw booking tiket bis tujuan Bangkok seharga USD 11 untuk keberangkatan pukul 06.00 esok paginya.

Selanjutnya gw dijemput Mete dan Neneng dengan menggunakan tuktuk yang disewa seharian, gw agak lupa berapa tarifnya, cuma kalau nggak salah sih sekitar USD 15an juga untuk bertiga.

Tujuan pertama tidak lain tidak bukan adalah Angkor Wat. Di perjalanan gw kembali mampir di KFC sebagai makan siang yang gw makan di tuktuk. Gw beli paket burger plus telur seharga hanya USD 1,65.

Setelah perjalanan sekitar 15 menit, sampailah kita di loket karcis Angkor wat. Tarif per orang untuk satu hari adalah USD 20. Kalau beli sekaligus untuk satu minggu bisa lebih murah. Agak mahal memang, tapi sangat-sangat sepadan.

Di kompleks candi ini kita mengunjungi beberapa candi-candi kecil seperti Bentik Day, Elephant temple, dan Takew Temple. Dan tentunya tiga candi terbesar utama: Banyon, Taprom, dan Angkor Wat. Angkor wat ini sungguh keren, nggak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Kalau anda mabok mengelilingi Borobudur, pikirkan lagi kalau anda mau mengelilingi Angkor Wat. Jauuuuhhh lebih besar.

Banyon Temple dan Angkor Wat

Kita main-main di Angkor Wat sampe sunset. Di perjalanan pulang, kita balik lagi ke KFC untuk beli makan malam dan dimakan di hotelnya si Mete. Sekitar jam 19.00 kita sampe di hotelnya Mete. Kita makan malam, istirahat sebentar, lanjut lagi jalan ke Siem Reap Night Market.

Siem Reap Night Market ini rame banget dan penuh dengan barang-barang untuk oleh-oleh. Tentu saja keahlian nawar sangat penting disini. Gw sangat terbantu dengan adanya Mete yang muka badak dalam hal tawar menawar. Disini gw melengkapi koleksi tusuk gigi dan bola kaca dengan tulisan Cambodia seharga USD 6 dan gelang perak bentuk gajah-gajahan buat kakak gw. Di pasar ini gw juga jajan semacem sirup seharga USD 1, green tea seharga KHR 3.000, dan banana pancake seharga KHR 3.000.

Siem Reap Night Market

Abis dari pasar gw berpisah dengan kedua perempuan itu. Mereka balik ke hotel dan gw sedikit jalan-jalan ke Pub Street, sebuah jalan yang isinya restoran dan Pub, mirip dengan Bangla Road di Phuket atau Legian di Bali, dan isinya turis semua. Seru banget.

Pub Street di Siem Reap

Sekitar jam 22.00 gw baru sampe lagi di hotel, mandi, shalat, packing, dan tidur.


Kamis, 16 Februari 2012
Jam 05.30 pagi gw bertiga udah standby di depan hotel gw untuk kemudian dijemput sama agen bis ke Meeting Point. Kita dijemput pake tuktuk. Di tuktuk tersebut udah ada seorang bule dari Amerika Serikat namanya Mike. Kita sempet ngobrol-ngobrol dikit.

Sampe di meeting point, udah ada sekitar 16 orang, mayoritas bule, yang siap berangkat. Ada pula solo traveller asal inggris yang masih mabok. Kerjaannya ngeluh dan teriak2 doang.

Ternyata kita berangkat nggak pake bis, melainkan pake van Toyota Commuter. Keenambelas orang tersebut dibagi menjadi dua van, dan kita bertiga kebagian satu van sama si orang mabok itu. Untungnya dia duduk paling belakang dan gw ditengah agak kedepan. Si Mike ada di van yang berbeda. Sekitar jam 07.00 van berangkat.

Sekitar jam 09.00 van tiba di daerah Poipet yang merupakan daerah perbatasan Kamboja dan Thailand. Sekitar beberapa ratus meter dari border, kita berhenti sebentar di pool van itu untuk ditempelin stiker merah di baju kita dan dikasi pengarahan kalau dalam 5 menit lagi kita akan tiba di border, kita harus jalan sendiri dan bawa seluruh barang, kemudian masuk ke Thailand, lalu nanti akan ketemu sama orang Thai yang merupakan rekanan travel kita untuk kemudian pindah van ke Bangkok.

Sampe di border Kamboja, bentuknya sama sekali nggak kayak border, sungguh sederhana, malah cenderung kayak loket tiket kereta di stasiun. Setelah dapet cap “Departed”nya Kamboja, kita harus jalan beberapa ratus meter ke border Thailand. Sepanjang proses ini kita selalu bareng sama bapak-bapak dari Belanda dan sepasang orang Australia yang tadinya satu van sama kita.

Border Kamboja di Poipet

Begitu sampe di border Thailand, kita agak bingung karena suasananya sungguh crowded dan minim petunjuk. Setelah dapet pentunjuk untuk antri di barisan yang  benar, dibutuhkan lebih dari 30 menit untuk antri dapet cap “Arrived”nya Thailand karena super rame banget, sepertinya ada rombongan TKK (Tenaga Kerja Kamboja) masuk ke Thailand.

Ini kedua kalinya gw masuk ke Thailand, setelah dua tahun lalu sempat menyambangi Phuket.

Setelah terbebas dari imigrasi, memang benar ada satu orang yang ngumpulin kami yang menggunakan stiker merah. Setelah semuanya lengkap, kami diajak menuju terminal bis Aranyaprathet. Aranyaprathet adalah nama daerah perbatasan di Thailand yang berbatasan langsung dengan Kamboja. Di terminal bis itu kita kembali naik van Toyota Commuter, lengkap dengan tambahan penumpang mbak-mbak trangender.. huaaaa.. ceyem..

Sempet ngobrol sama si bapak-bapak Belanda tadi, dia kapok jalan darat dari Siem Reap ke Bangkok lagi. “Next time I will take the plane. I’ll cost me only USD 200 or 250 for 30 minutes flight”. Oke deh pak, buat gw sih selisih antar van yang cuma USD 11 dan pesawat yang USD 250 sih jauh banget ya pak, mending gw seharian naik van dah..

Sekitar jam 15.00 kita sampe di Bangkok di salah satu ujung Khaosan Road. Kita langsung menuju hotel. Kita coba naik taksi, eh sama si abang taksinya dianter ke deket hotel gratis, karena ternyata hotel kita super deket sama tempat turun dari van tadi.

Hotel gw adalah KS Guesthouse, dengan alamat di 133 Prasumen Rd Chanasongkram Pranakorn, Khaosan. Tarif per malam sekitar IDR 90.000 untuk kamar single, kamar mandi dalam, tanpa AC tapi punya jendela dengan pemandangan yang bagus. Lokasinya juga bagus, dipinggir jalan besar dan cuma sekitar 5 menit jalan kaki ke Khaosan Road, pusatnya turis. Mete dan Neneng nginep di hotel yang berbeda dan terletak di gang kecil. Gangnya sih cuma berjarak beberapa meter dari hotel gw.

Sekitar jam 16.00 setelah shalat zuhur dan ashar, kita langsung jalan lagi ke Grand Palace naik taksi seharga sekitar THB 12. Taksi di kota ini murah, makanya kita kemana-mana selalu naik taksi. Cuma ya siap-siap mengerahkan semua bahasa tubuh, secara mayoritas supir taksi nggak bisa bahasa inggris.

Sayangnya ternyata Grand Palace tutup jam 15.00. Terpaksa kita balik lagi besok pagi. Kita lanjut jalan ke arah kanan Grand Palace menuju sungai Chao Praya untuk nyebrang ke Wat Arun. Wat Arun ini adalah salah satu temple tertinggi di Bangkok dan terletak di seberang sungai Chao Praya. Tarif masuk Wat Arun adalah THB 50.

Ada perahu yang sebagai transportasi umum menuju Wat Arun dan dilayani di sebuah pelabuhan kecil yang agak kurang terlihat dari jalan. Dari Grand Palace, jalan ke arah kanan, mentok belok kiri, ikutin jalan sampe ujung Grand Palace, di sebelah kanan jalan ada seperti pasar cinderamata, masuk aja ke pasar itu, di bagian belakangnya adalah pelabuhan kecil tersebut. Tarif sekali nyebrang adalah THB 3 per orang.

Wat Arun dari Sebrang Sungai Chao Praya

Dari Wat Arun kita lanjut ke Wat Pho. Tempatnya persis diseberang pelabuhan tersebut. Wat Pho adalah salah satu temple yang ada patung Reclining Budha alias Budha Tidur didalamnya. Tarif masuknya THB 100. Disini kita dapet air mineral gratis. Disini juga kita ketemu rombongan ibu-ibu dari Indonesia yang rempong banget. Kerjaannya ketawa-ketiwi dan jejeritan. Agak malu dikit sih.

Reclining Budha di Wat Pho

Dari Wat Pho kita jalan kaki menuju Khaosan Road menyusuri pinggiran Grand Palace dan alun-alun kota. Sampe di Khaosan road sekitar jam 18.00, kita nyari makan di Burger King. Gw beli paket whopper seharga THB 189.

Abis makan, kita beli tiket bis ke Pattaya besok pagi jam 11.00 seharga THB 180 per orang di sebuah travel agent di Khaosan Road.

Abis beli tiket, si neneng balik ke hotel sedangkan gw dan Mete balik ke Chao Praya untuk ngambil foto Wat Arun malem-malem. Kita jalan kaki kesana dengan kaki yang udah super pegel ampir putus sambil ngedengerin ramalannya mete.

Kita foto-foto di taman di seberang Wat Arun sampe jam 21.00 sampe tamannya tutup. Abis itu kita balik lagi ke Khaosan Road naik tuktuk seharga THB 25 untuk sekedar minum es kelapa muda dan ngeliat kehidupan Khaosan Road yang hingar bingar Pub dan Kafe, dan penuh dengan turis. Disini gw beli es kelapa muda seharga THB 20 dan mangga seharga THB 20.

Khaosan Road at Night, Bule Bertebaran Dimana-mana

Es Kelapa Muda di Khaosan Road

Setelah puas jalan-jalan malem di Khaosan, kita kembali ke hotel masing-masing dan istirahat.






*bersambung ke postingan berikutnya