I'm in Red

Setelah beberapa kali gagal mendapatkan tiket AFF Suzuki Cup 2010, akhirnya kemarin (29 Desember 2010) gw berhasil kembali nonton pertandingan AFF Suzuki Cup 2010 antara Indonesia vs Malaysia. Btw, gw udah pernah nonton AFF Suzuki Cup 2008 di GBK pertandingan antara Indonesia vs Thailand. Berikut rangkaian peristiwa terkait dengan nonton final leg kedua di GBK kemarin.

Hari Rabu 22 Desember 2010 gw menconfirm tiket final kategori satu ke Leony, waktu itu tiket dibooking seharga Rp275.000 untuk gw, Ronsi, Leony, dan Kumkum. Si leony mesen tiket via orang kantornya.

Hari minggu tanggal 26 Desember 2010, gw gak bisa nonton Final leg pertama di tivi, karena waktu itu gw lagi memanfaatkan year end sale alias belanja. Walhasil gw cuman bisa ngeliat live tweet dari temen-temen gw. Sayangnya waktu itu Indonesia kalah 3-0 dengan Malaysia. Jadi rada ilfeel mau nonton langsung di GBK untuk leg kedua, secara hampir pasti Indonesia gak bisa menang.

Hari senin malam tanggal 27 Desember 2010, bbm gw tiba-tiba berbunyi repot banget, ternyata si Leony ngelaporin kalau ternyata dari 18 tiket yang dipesen kantornya, cuman 6 yang berhasil didapat. Alhasil gw berempat gagal dapet tiket. Sial banget, udah gagal dapet tiket di semifinal, masak gagal lagi dapet tiket di final.

Selasa tanggal 28 Desember 2010, akhirnya setelah pembicaraan yang panjang, gw sama ronsi tetep mau nonton di GBK, kumkum dan leony gak ikut. Browsinglah gw di kaskus dan dapet calo nawarin tiket kategori 1 seharga @Rp350.000,-. Langsung COD di FX sorenya. Siap nonton untuk esok hari.

Rabu sore di hari H sekitar jam 3 setelah rapat di kawasan menteng, gw langsung meluncur ke senayan. Sepanjang jalan Sudirman yang gw lewatin udah banyak banget supporter berbaju merah.

Gw langsung parkir di Pacific Place, karena gw rasa itu tempat yang cukup aman untuk parkir mobil dan ada akses ke senopati untuk menghindari kemacetan pada saat acara berakhir. Abis parkir gw ganti baju di mobil, ganti poloshirt merah berlambang garuda di dada dan celana jeans. Males banget kan nonton bola pake kemeja, celana bahan, dan pantofel, hahaha.. Abis ganti baju gw shalat ashar, lanjut late lunch sebentar di wendys. Waktu udah menunjukkan pukul 5.


Late Light Lunch at Wendys PP: Cheese and cheese


Outfit gw

Gw janjian sama ronsi karena tiket dia gw yang megang, dan sama banyu juga yang ternyata walaupun sama-sama kategori satu tapi beda sektor. Selagi gw makan si ronsi udah menuju senayan dari kantornya, dan si banyu udah nungguin di depan halte BEI.

Setelah ketemuan bertiga di halte BEI, kita jalan kea rah GBK. Situasi macet parah. Saat itu pula pertama kalinya gw ngerasain nyebrangin jalan Sudirman bukan di jembatan penyebrangan, hehehe.. agak bandel sih. Abis mau gimana lagi, yang nyebrang gak lewat jembatan banyak banget dan yang nyebrang lewat jembatan udah kayak antri sembako.

Sampe GBK sekitar jam setengah 6 udah rame banget. Si ronsi beli baju dulu karena dia masih pake batik abis dari kantor. Ada kejadian heroik waktu kita ngelewatin gerbang kedua. Banyu yang jalan paling depan dicopet, Blackberrynya dirogoh orang. Untung dia teriak dan pada saat yang sama si ronsi (yang jalan dibelakang banyu) berhasil ngerebut Blackberry tersebut dari tangan pencopetnya. Keren pisan deh pokokna mah.



Suasana sebelum masuk gedung utama GBK

Sampe GBK, gw dan ronsi pisah sama banyu karena berbeda pintu masuk. Gw sama ronsi menuju pintu XI. Asli rame banget, jalan aja ampe susah. Apalagi pas mau masuk ke GBK nya. Udah kayak antri sembako di Gabon. Anehnya lagi tiket gak di scan, cuman dirobek bagian pinggirnya. Jadi gak ketauan kalau kita pake tiket palsu.

Pas udah masuk stadion udah penuh banget. Gw cuman kebagian di lorong, gak kebagian tempat duduk lagi. Masih bagus bisa berdiri tenang, ini mah kayak udah naik kereta ekonomi aja. Udah kayak pepes, tiap sebentar ada yang dorong-dorong. Cape deh.. perasaan pas AFF 2008 gak segitu hebohnya.

Gw selalu terkagum-kagum tiap kali masuk GBK ini, ngeliat bangunan yang super besar (walaupun gak sebesar stadion world cup sih, hehehe) dan yang bikin tambah merinding adalah, GBK jadi lautan merah, hampir semua orang pake baju merah untuk mendukung Indonesia. Salah satu momen yang gak bakal gw lupakan.


Lautan Merah di GBK


Sekitar satu jam nunggu sampe pertandingan dimulai dalam keadaan berdesak-desakan. Untuk pertandingan semua juga udah tau kan, Indonesia menang 2-1 atas Malaysia di leg kedua, tapi gagal untuk membawa pulang piala AFF.

Ada kejadian cukup menyebalkan waktu gw lagi nonton pertandingan. Pas gw mau memfoto pertandingan, BB gw hang, otomatis gw harus cabut batre dll. Pas gw lagi prosesi cabut batre, tiba-tiba gelora bergetar dengan teriakan: “GOOOOLLLLLL…!!!!”. Sial, gw gak liat, mana gak ada replay lagi, hahaha..

Setelah pertandingan berakhir, perlu waktu sekitar satu jam untuk bisa mencapai BEI kembali. Jam sepuluh gw dan ronsi baru bisa ketemuan sama banyu di halte BEI.

Rencananya mau makan, pengen ngajakin isa qisha dan riri juga (yang duduk entah dimana). Tapi kayaknya mereka sama keluarganya dan langsung pulang, jadinya kita makan bertiga aja.

Setelah dipikir-pikir kita makan retoran yang 24 jam aja, karena restoran biasa pasti udah tutup. Akhirnya disepakati makan di McD Saharjo. Lewat senopati, kebalen, poncol, tendean, maceeeetttt sama kendaraan penonton yang secara simultan menjauhi kawasan senayan.

Waktu ngelewatin tebet kita ngeliat ada abuba steak yang masih buka, akhirnya memutuskan untuk makan disana aja. Sebenernya boring banget kalo harus makan McD lagi, hehehe.. Kita makan sampe jam 12 sampe “diusir” pelayannya, hehehe.. Langsung misah disitu, gw dan ronsi langsung ke Depok. Jalanan udah sangat lengang, jam satu gw sampe dirumah.

Sekian salah satu pengalaman tak terlupakan gw untuk menutup tahun 2010.